Kudus Masuk PPKM Level Satu, Vaksinasi Terus Digencarkan

- Selasa, 25 Januari 2022 | 16:38 WIB
Bupati Kudus Hartopo. (suaramerdeka.com/dok)
Bupati Kudus Hartopo. (suaramerdeka.com/dok)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19, Kabupaten Kudus berhasil menurunkan status PPKM dari semula level dua menjadi level satu. Status ini tak lepas dari capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama yang melebihi target 50 persen.

Bupati Kudus Hartopo mengatakan, capaian vaksinasi dosis pertama untuk lansia di Kudus juga telah mencapai 40 persen.

“Secara umum capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kudus memang sudah mencukupi untuk bisa turun level PPKM menjadi level satu, termasuk vaksinasi lansia juga cukup tinggi capaiannya,” kata Hartopo, Selasa (25/1).

BACA JUGA : Vaksinasi Anak di Kudus Gunakan Sinovac, Target 84 Ribu Anak Divaksin

Hartopo menambahkan, masih tingginya mobilitas masyarakat yang masih tinggi juga masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah daerah.

“Tingkat mobilitas masyarakat juga menjadi faktor penentu penentuan status PPKM, karena itu juga terus diupayakan untuk bisa ditekan,” ujarnya.

Meskipun sudah turun level PPKM, kata Hartopo, ia meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Apalagi saat ini wilayah Jawa Tengah juga dibayangi merebaknya varian Omicron.

“Masyarakat harus tetap disiplin memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” katanya.

Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Andini Aridewi mengatakan, masyarakat turut andil dalam keberhasilan Kabupaten Kudus masuk dalam daerah PPKM level satu.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X