Legislator DPR RI Edy Wuriyanto: PPNI Harus Perjuangkan Nasib Ribuan Perawat Honorer

- Minggu, 23 Januari 2022 | 23:50 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto memberikan pengarahan pada penutupan Musyawarah Daerah X Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Jepara di Gedung Jepara Nursing Center Jepara, Sabtu (22/1). (suaramerdeka.com/Sukardi)
Anggota Komisi IX DPR RI Edy Wuryanto memberikan pengarahan pada penutupan Musyawarah Daerah X Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Jepara di Gedung Jepara Nursing Center Jepara, Sabtu (22/1). (suaramerdeka.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com -  Puluhan ribu perawat honorer yang telah mengabdi di pelosok negeri, harus diperjuangkan nasibnya. Walau tugas keseharian dalam melayani kesehatan masyarakat, tidak berbeda jauh antara perawat yang sudah berstatus Aparat Sipil Negara (ASN) dan yang masih honorer.

Namun, kesejahterannya keduanya berbeda jauh.

‘’Sekarang ini di Indonesia ada kisaran 82 ribu perawat honorer yang sudah bekerja puluhan tahun," kata Anggota Komisi IX (membidangi kesehatan) DPR RI Edy Wuryanto saat menghadiri Musyawarah Daerah X Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Jepara di Gedung Jepara Nursing Center, Jl KH A Fauzan, Jepara, Sabtu (22/1).

BACA JUGA : Aklamasi, Hadi Sarwoko Terpilih Lagi Ketua PPNI Jepara

Edy mebambahkan, mereka harus diperjuangkan agar bisa menjadi ASN melalui jalur pengangkatan P3K afirmatif. "PPNI dari pusat hingga daerah harus bergerak bersama, agar pemerintah terketuk mengangkat seluruh perawat hononer,’’ katanya.

Mantan Ketua DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Jateng 2011-2021 itu mendesak organisasi profesi perawat harus melakukan pendekatan kepada pemerintah untuk memperjuangkan nasib anggotanya.

Paling tidak, ada empat kementerian yang harus didekati untuk membahas nasib perawat honorer. Yaitu, Kementerian PAN RB, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Untuk pengurus PPNI di daewarh juga harus turut  melakukan pendekatan kepada Gubernur, Bupai/Walokota beserta perangkat daerah  terkait.

‘’Setelah PPNI dan seluruh anggota bergerak berjuang, kami di Komisi IX siap membantu memperjuangkan aspirasi mereka. Lha kalau mereka diam saja, kan yang di pusat menilai seolah tidak ada masalah,’’ kata Edy Wuriyanto, yang juga menjadi Ketua Dewan Pertimbangan DPW PPNI Jateng.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bandar Narkoba Asal Karimunjawa Ditangkap

Rabu, 25 Mei 2022 | 16:42 WIB

Pekan Depan Terbang, Masih Menjalani Manasik

Selasa, 24 Mei 2022 | 23:05 WIB

Jepara Raih Predikat WTP 12 Kali Berturut-turut

Selasa, 24 Mei 2022 | 16:42 WIB

Penjabat Bupati Jepara Buka Posko Aduan

Selasa, 24 Mei 2022 | 16:34 WIB
X