Perda RTRW Kudus Disahkan, Kawasan Industri Bertambah hingga Pengolahan Limbah B3 Diharamkan

- Jumat, 21 Januari 2022 | 21:14 WIB
Wakil Ketua Pansus II DPRD Kudus Ali Ihsan membacakan hasil pembahasan Perda RTRW 2022-2042 pada rapat paripurna, Jumat (21/1). (suaramerdeka.com/dok)
Wakil Ketua Pansus II DPRD Kudus Ali Ihsan membacakan hasil pembahasan Perda RTRW 2022-2042 pada rapat paripurna, Jumat (21/1). (suaramerdeka.com/dok)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus akhirnya mengesakan Perda Rencana Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW) Kabupaten Kudus tahun 2022-2042.

Pengesahan Perda yang sudah dinantikan oleh para pengusaha itu, digelar pada rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kudus Masan. Hadir pada rapat paripurna tersebut, Bupati Kudus Hartopo.

Wakil Ketua Pansus II Ali Ihsan mengatakan, pansus pada dasarnya menyetujui draft Ranperda RTRW Kabupaten Kudus yang diajukan oleh eksekutif. Selama pembahasan, Pansus II mengusulkan sejumlah perubahan berdasarkan hasil rapat lintas sektoral.

BACA JUGA : Luas Kabupaten Kudus Bertambah 2.228 Hektare

“Contohnya soal limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun – Red). Kami setujui hanya untuk pengelolaan yang bersifat penampungan sementara. Tapi untuk pengolahan dan pemanfaatan limbah B3, kami di Pansus II sepakat tidak menyetujuinya karena ruang yang tersedia di Kudus sangat minim,” katanya.

Ali Ihsan menambahkan, Kudus merupakan kabupaten terkecil di wilayah Jawa Tengah. Banyak daerah kabupaten di Jawa Tengah yang tidak menyediakan lahan untuk pengolahan limbah B3.

“Kudus yang wilayahnya kecil tentu sangat rentan jika di wilayah yang sudah kecil ini diperbolehkan pengolahan limbah B3. Pengumpulan limbah B3 yang diperbolehkan hanyalah yang bersifat sementara,” katanya.

Ali Ihsan yang juga ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menambahkan, untuk kawasan industri sudah teralokasikan di sepanjang jalan lingkar selatan. Total lahan Kawasan Peruntukan Industri (KPI) di Kabupaten Kudus mencapai 2.258 hektare.

Lokasi kawasan industri ini berada di Jalan Kudus – Jepara, Jalan Kudus – Pati, dan Jalan Lingkar Selatan. Ada penambahan luasan KPI yang cukup signifikan ketimbang Perda RTRW yang lama.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X