Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa Warung dan Punden di Kompleks Wisata Rejenu

- Rabu, 19 Januari 2022 | 15:26 WIB
Relawan membersihkan pohon yang tumbang di kompleks wisata Rejenu Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Rabu (19/1). (suaramerdeka.com/dok BPBD Kudus)
Relawan membersihkan pohon yang tumbang di kompleks wisata Rejenu Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Rabu (19/1). (suaramerdeka.com/dok BPBD Kudus)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan sejumlah pohon tua di kompleks wisata religi Rejenu, Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Rabu (19/1).

Sebuah bangunan warung dan punden makam rusak akibat tertimpa pohon. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, kerugian akibat kejadian itu ditaksir mencapai Rp 10 juta.

Pelaksana harian Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Budi Waluyo mengatakan, petugas dan relawan BPBD masih melakukan evakuasi pohon tumbang hingga Rabu siang.

BACA JUGA : Hujan dan Angin Kencang Picu Longsor dan Pohon Tumbang di Kudus

“Kami melakukan evakuasi mulai pagi tadi hingga siang ini, tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa tersebut. Kerugian ditaksir mencapai Rp 10 juta,” katanya.

Budi menuturkan, warung yang rusak di bagian dapur milik Robert (54) warga RT 3 RW 2 Desa Japan. “Warung yang rusak di bagian dapur. Pohon juga menimpa bangunan punden makam. Kami telah melakukan pembersihan pada sisa puing dapur dan makam,” ujarnya.

Budi menuturkan, musim penghujan di wilayah Kabupaten Kudus cukup ekstrem. Hujan deras disertai angina kencang kerap melanda wilayan Kabupaten Kudus.

Pihaknya meminta warga di daerah rawan untuk berhati-hati dan mengantisipasi munculnya bencana alam seperti banjir, tanah longor, angin puting beliung, hingga pohon tumbang,

 Budi mengatakan, BPBD telah meminta kepala desa untuk aktif memantau kondisi wilayahnya. Warga juga diminta untuk mengamankan barang-barang maupun surat-surat berharga agar mudah saat perlu dievakuasi.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X