Pertuni : Punya Anak Tunanetra Jangan Disembunyikan

- Rabu, 12 Januari 2022 | 17:55 WIB
Pengurus Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Kabupaten Jepara menghadiri dialog interaktif di Radio Kartini FM Jepara, dipandu Nasya Ahmad, Selasa (11/1). (suaramerdeka.com/Sukardi)
Pengurus Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Kabupaten Jepara menghadiri dialog interaktif di Radio Kartini FM Jepara, dipandu Nasya Ahmad, Selasa (11/1). (suaramerdeka.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com - Masih banyak para orang tua yang merasa malu apabila anak atau anggota keluarga mereka berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas.

Sehingga mereka berusaha menutup diri dan menjaga agar anaknya tidak berinterkasi dengan orang lain. Padahal ini akan sangat merugikan kehidupan anaknya ke depan.

Hal ini terungkap dalam dialog interaktif bersama Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Kabupaten Jepara, di Radio Kartini FM Jepara, Selasa (11/1). Dalam dialog yang dipandu oleh Nasya Ahmad, menghadirkan narasumber Ketua Pertuni Kabupaten Jepara Marzuki, bersama Sekretaris Hariyanto, dan Wakil Bendahara Dariono.

“Memiliki anak berkebutuhan khusus tentu bukan sebagai pilihan. Ini merupakan sesuatu yang sudah digariskan oleh Allah SWT dan harus kita terima,” kata Marzuqi.

BACA JUGA : Pertahankan Ukir Jepara, Puluhan Difabel Belajar Ukir 

Marzuki menilai, masih banyak para orang tua yang justru menyembunyikan anak atau anggota keluarganya yang berkebutuhan khusus (tuna netra), dari lingkungan sekitar. Padahal ini sangat tidak baik bagi perkembangan dan kehidupan mereka ke depan.

“Bagi yang mempunyai anak tunanetra jangan disembunyikan, tapi harus didorong dan diberikan semangat agar bisa bergaul dengan lingkungan sekitar,” kata dia.

Menjadi seorang berkebutuhan khusus, tentu bukan sebagai pilihan mereka. Tapi ini adalah sesuatu yang sudah digariskan. Meskipun dengan segala keterbatasan, dengan semangat dan terus belajar mereka mampu menjadi insan yang mandiri.

Melalui dilaog interkatif dengan tema, “Kecacatan Bukan Halangan untuk Berkarya” mengajak bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan khususnya tunanetra untuk lebih terbuka dan lebih mengembangkan potensi yang ada pada diri mereka.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jelang Imlek, Klenteng Dibersihkan Gotong Royong

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:50 WIB

Aklamasi, Hadi Sarwoko Terpilih Lagi Ketua PPNI Jepara

Minggu, 23 Januari 2022 | 05:51 WIB

Pertuni : Punya Anak Tunanetra Jangan Disembunyikan

Rabu, 12 Januari 2022 | 17:55 WIB

Bawaslu RI Beri Apresiasi Pada Bawaslu Jepara

Rabu, 12 Januari 2022 | 10:44 WIB

Dokter Edwin Tohaga Ketua IDI Jepara

Senin, 10 Januari 2022 | 07:29 WIB

Jepara Kekurangan Jumlah Penghulu

Sabtu, 8 Januari 2022 | 16:19 WIB

Vaksinasi Anak di Jepara Dimulai dari Karimunjawa

Jumat, 7 Januari 2022 | 18:52 WIB
X