Hujan dan Angin Kencang Picu Longsor dan Pohon Tumbang di Kudus

- Rabu, 12 Januari 2022 | 16:49 WIB
Relawan BPBD Kabupaten Kudus memasang penahan tebing untuk mengantisipasi longsor susulan di Desa Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Rabu (12/1). (suaramerdeka.com/dok BPBD Kudus)
Relawan BPBD Kabupaten Kudus memasang penahan tebing untuk mengantisipasi longsor susulan di Desa Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Rabu (12/1). (suaramerdeka.com/dok BPBD Kudus)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Intensitas hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Kudus dua hari terakhir memicu bencana longsor dan pohon tumbang di sejumlah titik.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus mencatat, tanah longsor tercatat di sejumlah titik yakni Desa Japan dan Desa Ternadi, Kecamatan Dawe. Sementara pohon tumbang akibat angin kencang terjadi di tiga titik yakni Desa Peganjaran dan Besito, Kecamatan Gebog, dan Desa Sidorekso, Kecamatan Kaliwungu.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Kudus Budi Waluyo menuturkan, longsor di Desa Ternadi persis di bagian belakang rumah Sukri, warga RT 4 RW 1. Warga bersama relawan masih berupaya melakukan penutupan tebing dan pembersihan dampak longsoran.

BACA JUGA : Akses Jalan ke Wonosoco Ambyar Ganggu Evakuasi Saat Bencana

Sehari sebelumnya, angina kencang juga merusak rumah warga di tujuh desa di Kabupaten Kudus. Pepohonan yang tumbang tersebar di Desa Banget, Kaliwungu, Miden, dan Kelurahan Panjunan.

Di Desa Colo, Kecamatan Dawe, hujan deras menyebabkan tanah longsor menimpah salah satu rumah warga.

“Kami berharap warga meningkatkan kesiapsiagaan karena kondisi hujan disertai angin kencang menurut prakiraan cuaca BMKG masih akan berlangsung hingga Maret mendatang,” katanya.

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB

KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB

Pecah! Warga Tumpah Ruah Saksikan Kudus Fashion Art

Sabtu, 24 September 2022 | 07:03 WIB
X