Cerita Dusun Wuni Rembang yang Sempat Puluhan Tahun Kesulitan Air Bersih, Kini Warganya Sumringah

- Rabu, 12 Januari 2022 | 12:15 WIB
Masyarakat di Dusun Wuni Desa Kajar Kecamatan Gunem memanfaatkan air bersih yang ditampung di tandon air bantuan dari Semen Gresik untuk aktivitas domestik masyarakat. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)
Masyarakat di Dusun Wuni Desa Kajar Kecamatan Gunem memanfaatkan air bersih yang ditampung di tandon air bantuan dari Semen Gresik untuk aktivitas domestik masyarakat. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com - Denyut kehidupan begitu terasa di Dusun Wuni, Desa Kajar, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, beberapa hari ini.

Sudah hampir dua pekan, warga bergotong royong sedang membangun pipanisasi sepanjang 1.200 meter untuk menyalurkan air bersih ke rumah-rumah warga.

Mereka memang sudah tersenyum lega. Sudah hampir tiga tahun ini warga desa merasa nyaman dan bersemangat melanjutkan hidup tanpa kesulitan air bersih.

Air bersih sempat menjadi persoalan utama bagi warga yang bermukim di Dusun Wuni.

Sebanyak 160 KK warga setempat sudah puluhan tahun bergelut dengan problematika air bersih dan mengandalkan air tadah hujan untuk kebutuhan mandi, cuci, dan kakus (MCK).

Baca Juga: Bawaslu RI Beri Apresiasi Pada Bawaslu Jepara

Kepala Dusun Wuni, Sono mengisahkan, dulu warganya terpaksa berjalan kaki sekitar 1,5 kilometer, menyusuri perbukitan sembari memanggul jerigen untuk mengambil air bersih yang berlokasi terletak di Desa Waru, Kecamatan Jepon, Blora.

Jika kondisi mendesak, warga terpaksa harus membeli air bersih dengan jerigen yang harganya lumayan mahal.

Namun secercah harapan datang, ketika PT Semen Gresik (PTSG) memberikan bantuan untuk mendapatkan sumber air bersih, sekaligus memfasilitasi berupa pompa, pipanisasi, dan pembuatan tandon sebagai penampungan.

Baca Juga: Eternit Ruang Kelas Ambrol Bikin Siswa SD 6 Terban Trauma, Satu Siswa Terluka

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Seribuan Onthelis Tua Gowes Bareng Wabup Rembang

Minggu, 25 September 2022 | 11:43 WIB

Maca Puisi Ning Gang Boentoe Soditan Lasem Tampil Menawan

Minggu, 25 September 2022 | 11:35 WIB
X