Ada 2 Alat Berat , Galian C Ilegal Ancam TPA Tanjungrejo

- Selasa, 11 Januari 2022 | 18:12 WIB
Lokasi galian C di Desa Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus yang persis di sebelah TPA Tanjungrejo, Selasa (11/1). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Lokasi galian C di Desa Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus yang persis di sebelah TPA Tanjungrejo, Selasa (11/1). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Aktivitas galian C di Desa Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus menjadi sorotan. Tak hanya karena aktivitasnya ilegal, penambangan itu juga mengancam lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo.

Lokasi galian C itu berada persis di belakang TPA. Akibat aktivitas itu, sisi belakang TPA kini sudah menjadi jurang yang cukup dalam. Kepala UPT TPA Tanjungrejo Bambang Purnomo khawatir TPA akan longsor mengingat belakangan cuaca sering hujan deras.

“Lokasi galian hanya berjarak sekitar dua meter dari pagar TPA. Galian cukup dalam, kami khawatir TPA akan longsor karena belakangan sering hujan,” katanya, Selasa (11/1).

BACA JUGA : Tegas !! Gapoktan Tulakan Bongkar Jembatan Akses Galian C Ilegal

Tidak ada aktivitas penambangan di lokasi itu pada Selasa pagi. Namun, dua alat berat masih berada di tempat itu.

Bambang menambahkan, pihaknya sudah melapor ke Satpol PP Kudus agar ada penindakan. Namun hingga saat ini belum ada penindakan pada aktivitas ilegal tersebut. “Jangan sampai menunggu terjadinya longsor, apalagi TPA saat ini sudah penuh dengan sampah,” katanya.

Kepala Desa Tanjungrejo Christian Rahadiyanto memastikan lokasi penambangan yang persis berbatasan dengan wilayah desanya itu ilegal.

Dalam Perda RTRW 2012-2032, Desa Rejosari memang termasuk wilayah desa yanag diperbolehkan untuk aktivitas galian C. Namun lokasi penambangan sudah ditentukan titik koordinatnya.

Melihat peta penambangan, titik lokasi penambangan di desa Rejosari sudah habis. Dalam Ranperda RTRW yang saat ini dibahas pun Rejosari tidak termasuk lokasi penambangan.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Realisasi Bulan Dana PMI Kudus Capai Rp 925,6 Juta

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:46 WIB

Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB

KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB

Pecah! Warga Tumpah Ruah Saksikan Kudus Fashion Art

Sabtu, 24 September 2022 | 07:03 WIB
X