Keluarga Tinggal di Rumah “Gubuk” Tak Dapat Program Bedah Rumah

- Rabu, 5 Januari 2022 | 08:19 WIB
Rumah milik pasangan Syarif dan Anita, warga Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus yang kondisinya memprihatinkan luput dari program bedah rumah, Selasa (4/1). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Rumah milik pasangan Syarif dan Anita, warga Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus yang kondisinya memprihatinkan luput dari program bedah rumah, Selasa (4/1). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Kondisi rumah pasangan Syarif (35) dan Anita (30). warga dusun Ngelo RT 3 RW 3 Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus memprihatinkan. Rumah yang ditinggali suami istri dan ketiga anaknyay itu jauh dari kata layak.

Rumah  tak layak huni yang ditinggali pasangan Syarif dan Anita, serta ketiga anaknya itu ibarat gubug. Rumah seluas 3,5 meter X 5 meter itu berdinding anyaman bambu dan belantai tanah.

Kondisi rumah keluarga Syarif menjadi perhatian setelah diunggah oleh salah satu pemilik akun di media sosial. Dalam unggahan itu bahkan disebutkan jika keluarga Syarif tak pernah menikmati bantuan sosial.

BACA JUGA : Baznas Wujudkan Zakat ASN dengan Program Bedah Rumah, Tiga Warga Ini Terharu Menerimanya

Anita mengatakan, ia dan keluarganya sudah lima tahun menempati rumah itu. Keluarganya tak sanggup melakukan perbaikan karena suaminya bekerja sebagai kuli bangunan. Sementara dirinya mencari uang sebagai buruh jahit.

Kepala Desa Karangrowo Heri Darwanto membenarkan kondisi rumah warganya itu. Rumah milik Syarif juga terlewat program bedah rumah, karena baru masuk dalam daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kabupaten Kudus per November 2021.

“Hanya saja ada kabar yang beredar jika keluarga itu tidak menerima bantuan sosial, itu tidak benar. Mereka sudah mendapaykan BLT sejak Juli 2021 hingga Oktober 2021,” katanya.

Usahakan Perbaikan

Heri menambahkan, pihaknya juga tengah mengusulkan perbaikan rumah gubuk warganya itu. Salah satunya melalui lembaga amil zakat seperti Baznas maupun pihak swasta lainnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X