Kudus Salurkan Rp 1,8 Miliar Bantuan Biaya Pemakaman Warga

- Senin, 3 Januari 2022 | 22:36 WIB
Proses pengantaran jenazah pasien di RSDUD Kudus kepada keluarga. (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Proses pengantaran jenazah pasien di RSDUD Kudus kepada keluarga. (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Pemkab Kudus menyalurkan bantuan senilai Rp 1,807 miliar untuk biaya pemakaman warga yang meninggal, sepanjang 2021. Bantuan itu diberikan kepad sebanyak 1.807 warga Kabupaten Kudus.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Kudus Mundir menyebutkan, angka kematian warga Kabupaten Kudus sepanjang 2021 terhitung cukup tinggi.

“Tingginya angka kematian ini tak lepas dari dampak pandemi Covid-19. Pemkab Kudus mengalokasikan anggaran Rp 2 miliar untuk bantuan biaya pemakaman dan terserap Rp 1,807 miliar,” katanya, Senin (3/1).

BACA JUGA : Mbak Puan Berikan 1.000 Paket Bantuan Beras untuk Rakyat Rembang

Jika dirata-rata, hampir 300 orang warga Kabupaten Kudus meninggal dunia setiap bulannya.

“Bantuan biaya penguburan ini disalurkan bagi warga Kabupaten Kudus yang masuk kategori kurang mampu. Nama mereka memang telah terdaftar di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial-Red),” kataya.

Bantuan yang diberikan masing-masing Rp 1 juta pe orang. Tak hanya karena Covid-19 saja, bantuan ini juga diberikan kepada warga kurang mampu yang meninggal dunia karena sebab lainnya.

Mundir berharap bantuan biaya penguburan dapat dimanfaatkan bagi anggota keluarga yang meninggal. “Harapannya dapat dimanfaatkan oleh anggota keluarga,” katanya.

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X