Lantik Pengurus Aspoo, Wagub Taj Yasin Ingin Ada Produk UKM Jateng Jadi Warisan Indonesia

- Rabu, 29 Desember 2021 | 19:27 WIB
Wagub Taj Yasin pada pelantikan pengurus Aspoo Jawa Tengah di Aula Mubarok Food, Rabu (29/12). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Wagub Taj Yasin pada pelantikan pengurus Aspoo Jawa Tengah di Aula Mubarok Food, Rabu (29/12). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin berharap ada produk UKM dari wilayah provinsi Jawa Tengah yang menjadi warisan Indonesia. Karena itu, ia mendorong pelaku UKM untuk membuat produk yang bisa dipatenkan.

Harapan ini disampaikan Wagub Taj Yasin usai melantik pengurus Asosiasi Pengusaha Oleh-oleh (Aspoo) Jawa Tengah di Aula Mubarok Food Kudus, Rabu (29/12).

Kehadiran Aspoo diharapkan menjadi wadah pelaku UKM di Jateng untuk berkolaborasi dan maju bersama-sama.

Hadir pada pelantikan pengurus Aspoo Jawa Tengah itu Dirut Mubarok Food Cipta Delicia Muhammad Hilmy dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Jateng dan Pemkab Kudus. Trisila Juwantara dilantik menjadi Ketua Aspoo Jawa Tengah.

BACA JUGA : Gowes di Muria, Wagub Gus Yasin Resmikan Sentra PKL Pijar Park

“Saat krisis moneter hingga pandemi Covid-19 ini, ternyata sektor UKM yang mampu bertahan di masa-masa sulit tersebut. Ada tiga sektor dari 17 sektor yang menonjol yakni kuliner, fashion, dan kerajinan,” katanya.

Ia mencontohkan, keberadaan perusahaan jenang Kudus Mubarok Food turut menggerakkan perekonomian masyarakat. “Produk jenang dijual di toko-toko yang pada akhirnya menghidupkan perekonomian rakyat. UKM justru menjadi penggerak ekonomi di saat masa sulit,” katanya.

Potensi ini yang diharapkan terus dikembangkan. Taj Yasin mengatakan, produk UKM memang ada kesamaan jenis antara satu daerah dengan daerah lain. Ia mencontohkan, produk olahan kacang menjadi oleh-oleh khas sejumlah daerah.

Namun meski jenisnya sama, olahan kacang setiap daerah memiliki kehasan dan cita rasa sendiri. “Meski sama tentu ada beda cita rasanya. Jangan berpikir diri sendiri, tetapi perlu kolaborasi untuk memperkuat jaringan dan bisa maju bersama-sama,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X