Keabsahan Berkas Pemenang Pilkades PAW Jati Wetan Dipertanyakan

- Kamis, 9 Desember 2021 | 07:25 WIB
Berkas pendaftaran yang dipersoalkan oleh salah satu Tim Sukses peserta Pilkades PAW Desa Jati Wetan, Rabu (8/12) siang. (suaramerdeka.com/Anton WH)
Berkas pendaftaran yang dipersoalkan oleh salah satu Tim Sukses peserta Pilkades PAW Desa Jati Wetan, Rabu (8/12) siang. (suaramerdeka.com/Anton WH)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com - Tim sukses peserta Pilkades antarwaktu (PAW) yang digelar Selasa (23/11), Eko Budi Hartono mempertanyakan legalitas salah sebuah berkas persyaratan rivalnya, Agus Susanto. Hasil pesta demokrasi, Agus unggul atas Eko. Berkas yang dipertanyakan tersebut yakni izin dari salah sebuah pabrikan rokok terkemuka tempat Agus bekerja selama ini.

Ketua Timses Yon Sugiyanto kepada sejumlah awak media, Rabu (8/12) siang menyatakan baru mengetahui berkas yang diduga tidak sah usai Pilkades PAW. Sebelumnya, pihaknya sulit mendapatkan kejelasan dari panitia pemilihan terkait keabsahan berkas.

''Panitia tidak mau memperlihatkan dokumennya,'' katanya.

BACA JUGA : 4 Desa di Kudus Gelar Pilkades Antar Waktu, Polres Siagakan Personel

Sejumlah kejanggalan yang menurutnya patut dicermati yakni tanda tangan pejabat di perusahaan tersebut yang berbeda, serta tidak ada nomor suratnya. Muncul anggapan dari kubunya yang bersangkutan tidak mengajukan izin untuk maju ke Pilkades PAW, tetapi untuk cuti.

''Jika benar seperti itu, kami akan memproses hukum persoalan tersebut,'' tandasnya.

Pejabat sementara (Pjs) Kepala Desa Jati Wetan, Muhammad Yacob ketika dikonfirmasi menegaskan semua aturan dan prosedur sudah dilakukan. Pihaknya menerima laporan dari panitia pemilihan, semua berkas sudah memenuhi syarat. Sebelum memutuskan menyatakan persyaratan sudah sesuai ketentuan, berbagai hal telah dikaji dan dikoordinasikan dengan panitia kecamatan. 

Soal izin dari pabrikan rokok tempat Agus bekerja, Yacob menyebut panitia telah mengecek kebenarannya ke perusahaan. Hasil pengecekan telah diberikan tembusan kepada dirinya. Bahkan, selaku Pjs Kades Jati Wetan, pihaknya mengkonfirmasi per telepon kepada perusahaan. Langkah tersebut dilakukan karena bagaimanapun dia bertanggungjawab terhadap rangkaian pesta demokrasi di desanya.

Hasilnya, benar yang bersangkutan telah meminta izin maju Pilkades PAW. Kop surat kosong karena pengajuan dilakukan secara pribadi oleh yang bersangkutan. Sedangkan perusahaan tinggal menyetujuinya saja. Tidak ada ketentuan dalam Pilkades PAW yang bersangkutan harus mundur dari pekerjaan semula.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X