Atasi Banjir Bandang Wonosoco, Tiga Daerah Perlu Duduk Bersama

- Selasa, 7 Desember 2021 | 06:55 WIB
Kondisi pemukiman Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan yang nyaris setiap tahun diterjang banjir bandang dari lereng Pegunungan Kendeng. (suaramerdeka.com/Anton WH)
Kondisi pemukiman Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan yang nyaris setiap tahun diterjang banjir bandang dari lereng Pegunungan Kendeng. (suaramerdeka.com/Anton WH)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com - Tiga daerah, Kabupaten Kudus, Pati dan Grobogan diharapkan duduk bersama dan melakukan usaha sinergis mengatasi persoalan kerusahan hutan di Pegunungan Kendeng. Tidak ada pihak yang dianggap paling bersalah, dan yang penting komitmen tiga daerah tersebut pada masa mendatang menata kawasan agar mengurangi risiko bencana di sekitarnya.

Kades Wonosoco, Setiyo Budi, mengaku warganya sudah tidak ingin setiap tahun diterjang banjir bandang. Menurutnya, dengan kerjasama tiga daerah diharapkan dicapai solusi yang komprehensif mengatasi banjir bandang dari lereng Kendeng.

''Banjir bandang sudah semakin besar tingkat kerusakannya,'' paparnya.

BACA JUGA : Penanganan Banjir Bandang Wonosoco Terabaikan

Antisipasi banjir bandang dari Pegunungan Kendeng di Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan tidak akan tuntas diselesaikan Pemerintah Kabupaten Kudus saja. Pasalnya, hal tersebut terkait kondisi Hutan Kendeng yang berada di perbatasan Kabupaten Kudus, Pati dan Grobogan.

Kondisi hutan yang rusak berdampak lemahnya kekuatan menahan air dan tanah ketika hujan tiba. Akibatnya, material tersebut akan menerjang ke kawasan pemukiman.

''Kami sudah melakukan upaya menjaga kondisi hutan, tetapi harus didukung upaya serupa dari kabupaten tetangga,'' jelasnya.

Upaya lainnya, yakni penataan dan penguatan alur sungai. Alur sungai harus diperkuat agar debit dari lereng Pegunungan Muria tidak langsung menerjang pemukiman.

''Ada beberapa titik yang sudah kami perkuat,'' ujarnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemodal Tiongkok Minati Investasi Biogas di Kudus

Senin, 24 Januari 2022 | 06:55 WIB

Polisi Sikat Pelaku Judi Online di Kudus

Jumat, 21 Januari 2022 | 14:55 WIB

Kebakaran di Pasar Kliwon, Kantor BRI Unit Kota Ludes

Kamis, 13 Januari 2022 | 13:23 WIB

Hanura Perintahkan Kader Hadir di Tengah Masyarakat

Kamis, 30 Desember 2021 | 17:20 WIB
X