Difabel di Jepara Dapat SIM D di Hari Disabilitas Internasional

- Jumat, 3 Desember 2021 | 17:41 WIB
Ujian praktik yang diikuti para disabilitas di Jepara untuk mendapatkan SIM, Jumat 3 Desember 2021. (suaramerdeka.com/Septina Nafiyanti)
Ujian praktik yang diikuti para disabilitas di Jepara untuk mendapatkan SIM, Jumat 3 Desember 2021. (suaramerdeka.com/Septina Nafiyanti)

JEPARA, suaramerdeka-muria.com - Memperingati Hari Disabilitas Internasional Jumat (3/12/2021), Polres Jepara memfasilitasi pembuatan SIM bagi penyandang disabilitas atau difabel.

Proses pembuatan SIM khusus ini diikuti enam difabel yang tergabung dalam Komunitas Motor Difabel Jepara (KMDJ).

Untuk mendapatkan SIM, para peserta difabel ini tetap mengikuti proses dan tahapan sebagaimana para pemohon SIM pada umumnya.

Mereka mengikuti rangkaian tes kesehatan, tes psikologi, uji teori, sampai ujian praktik di lintasan yang telah ditentukan, yaitu jalan lurus dan zigzag.

Baca Juga: IJTI Gelar Lomba Video Pendek 'Kudus Bangkit dari Pandemi'


''Pengajuan SIM D ini kami layani dan kami fasilitasi. Tapi tetap mengikuti semua mekanisme yang ada. Mulai dari identifikasi, foto, ujian teori, maupun praktik sesuai dengan mekanisme,'' ungkap Bintara Urusan (Baur) SIM Satlantas Polres Jepara Aiptu Hariyono usai pelaksanaan ujian praktik pemohon SIM D di lapangan belakang Polres Jepara.


Hariyono berharap, dengan mengantongi SIM D, para penyandang disabilitas bisa berkendara dengan tenang dan mematuhi rambu lalu lintas di jalanan. Ia juga berpesan agar pengendara selalu menggunakan kelengkapan dalam berkendara, seperti helm dan spion yang sesuai standar.

Baca Juga: Gegara Jalan Akses Masuk Menuju Jepara Buruk dan Macet, Kunjungan Wisatawan Menurun


''Kami minta tetap patuhi aturan lalu lintas yang ada. Seperti pakai helm, spion lengkap, knalpot standar dan kelengkapan lainnya. Karena di jalan itu pengendaranya banyak, jadi harus tetap hati-hati,'' bebernya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jepara Usulkan UMK 2023 Rp 2.272.626,63

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:37 WIB
X