Akses Jalan ke Wonosoco Ambyar Ganggu Evakuasi Saat Bencana

- Jumat, 3 Desember 2021 | 06:10 WIB
Kondisi sebagian jalan di Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus yang rusak berat. (suaramerdeka.com/Anton WH)
Kondisi sebagian jalan di Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus yang rusak berat. (suaramerdeka.com/Anton WH)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com - Selain banjir bandang dari lereng Pegunungan Kendeng dan langganan banjir di sawah akibat limpasan Sungai Londo, akses ke Desa Wonosoco juga rusak parah. Kondisi tersebut sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

Kondisi tersebut cukup ironis karena dengan berbagai persoalan yang dihadapi warga Desa Wonosoco, seharusnya membutuhkan akses yang baik untuk mobilitas masuk dan keluar wilayah.

Saat terjadi bencana, proses evakuasi baik berupa personal maupun peralatan membutuhkan akses jalan yang baik. ''Itu kendala kami,'' kata Kades Wonosoco, Setiyo Budi, Kamis (2/12).

BACA JUGA : Penanganan Banjir Bandang Wonosoco Terabaikan

Total panjang jalan yang rusak sekitar dua kilometer dari batas Desa Berugenjang menuju ke wilayahnya. Tidak hanya menyulitkan pengguna sepeda motor, mobil pun harus memilih jalan agar tidak terperosok lubang.

''Kondisi jalan sudah kami sampaikan kepada pihak terkait,'' ujarnya.

Setiap ada kunjungan pejabat atau dalam berbagai forum, pihaknya selalu wadul kondisi tersebut. Hingga saat sekarang warga desa menunggu realisasi perbaikannya.

Salah seorang warga, Arifudin (37) mengaku warga tidak dapat berbuat banyak dari kondisi tersebut. Masyarakat tidak mempunyai cukup dana untuk membangun akses jalan kewenangan pemerintah kabupaten tersebut. Kondisi tersebut mengganggu mobilitas warga setempat.

''Kalau hujan harus ekstra hati-hati agar tidak terperosok lubang jalan yang rusak,'' paparnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemodal Tiongkok Minati Investasi Biogas di Kudus

Senin, 24 Januari 2022 | 06:55 WIB

Polisi Sikat Pelaku Judi Online di Kudus

Jumat, 21 Januari 2022 | 14:55 WIB

Kebakaran di Pasar Kliwon, Kantor BRI Unit Kota Ludes

Kamis, 13 Januari 2022 | 13:23 WIB

Hanura Perintahkan Kader Hadir di Tengah Masyarakat

Kamis, 30 Desember 2021 | 17:20 WIB
X