Usulan Komisi E DPRD Jateng : Dibangun Rumah Panggung di Desa Rawan Banjir

- Jumat, 19 November 2021 | 11:27 WIB
Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah (Jateng) Muh Zen ADV hadir dalam penyuluhan sosial di gedung PCNU Pati. (suaramerdeka.com/Moch Noor Efendi)
Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah (Jateng) Muh Zen ADV hadir dalam penyuluhan sosial di gedung PCNU Pati. (suaramerdeka.com/Moch Noor Efendi)

PATI, suaramerdeka-muria.com - Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah (Jateng) Muh Zen ADV mengingatkan kerawanan bencana alam di berbagai daerah.

Adapun sejumlah daerah yang langganan banjir, termasuk Pati dia memberi masukan agar dibangun rumah panggung.

"Kami mengusulkan dibuatkan rumah panggung di setiap desa yang terkategori rawan banjir. Konsepnya terpadu dengan sekolah/madrasah, masjid, atau fasilitas umum lain yang setiap hari digunakan masyarakat," ujarnya seusai acara penyuluhan sosial di gedung PCNU Pati, Kamis (18/11) kemarin.

Baca Juga: Dilantik, Pengurus Apindo Targetkan Gandeng UMKM Hadapi Pandemi

Lebih lanjut wakil rakyat asli Pati ini menjelaskan, tempat pengungsian berupa rumah panggung telah dibangun pemerintah di sejumlah desa di Bumi Mina Tani.

Bangunan tersebut, menurutnya hanya berfungsi saat banjir besar dan di luar itu tak terpakai.

"Di setiap desa yang rawan banjir perlu rumah panggung yang teritegrasi dengan sekolah/madrasah atau masjid. Jadi, kalau tidak banjir tetap digunakan dan tidak mangkrak," tandasnya.

Zen, yang semasa kecil hidup di daerah langganan banjir, Desa Bungasrejo, Kecamatan Jakenan, Pati merasakan betul kesulitan saat bencana rutin itu datang.

Baca Juga: DPRD Rembang Merekomendasikan Pemkab Membuat Kriteria Pihak Ketiga yang Terlibat Dalam Seleksi Perangkat Desa

Menurutnya, warga sudah terbiasa dengan banjir akibat luapan Sungai Juwana dan mayoritas enggan mengungsi.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hadapi Liga 3 Nasional, Persipa Pati Mulai Gelar Latihan

Selasa, 21 Desember 2021 | 08:15 WIB
X