DPRD Rembang Merekomendasikan Pemkab Membuat Kriteria Pihak Ketiga yang Terlibat Dalam Seleksi Perangkat Desa

- Kamis, 18 November 2021 | 13:04 WIB
SELEKSI PERANGKAT : DPRD Kabupaten Rembang tengan menggelar audiensi dengan sejumlah stake holder seleksi perangkat desa yang diduga bermasalah baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Mulyanto Ari Wibowo)
SELEKSI PERANGKAT : DPRD Kabupaten Rembang tengan menggelar audiensi dengan sejumlah stake holder seleksi perangkat desa yang diduga bermasalah baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Mulyanto Ari Wibowo)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com-DPRD Kabupaten Rembang merekomendasikan Pemkab Rembang untuk membuat kriteria detail tentang pihak ketiga yang menanggani seleksi perangkat desa.

DPRD mengatakan permasalahan yang muncul selama seleksi perangkat desa baru-baru ini dikarenakan pihak ketiga yang kurang mendapatkan kepercayaan dari para peserta.


Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rembang, Ridwan SH mengatakan rekomendasi diberikan setelah pihaknya menggelar audiensi dengan desa-desa di Kecamatan Sulang dan Rembang yang dianggap oleh peserta seleksi perangkat bermasalah baru-baru ini.

Baca Juga: 8 Ton Rokok Ilegal Senilai Rp 4,8 Miliar Dimusnahkan

Dia mengatakan setelah audiensi, pimpinan dewan memerintahkan kepada Komisi I untuk melakukan pendalaman dengan organisasi perangkat daerah terkait. "Yang banyak dikeluhkan adalah kompetensi dari pihak ketiga yang digandeng untuk menggelar tes seleksi perangkat itu. Karenanya, kami membuat rekomendasi agar Pemkab Rembang memperjelas kriteria pihak ketiga yang berkompeten menanggani seleksi perangkat seperti yang termaksud di Peraturan Bupati (Perbup) No 16 tahun 2017,'' jelas dia.


Dia menambahkan setelah pendalaman setiap permasalahan seleksi perangkat, DPRD Kabupaten Rembang tidak menemukan pelanggaran dan penyimpangan. Karenanya, pihaknya mempersilahkan proses seleksi perangkat desa yang dianggap bermasalah diteruskan dengan pengangkatan.

Baca Juga: Syabila Raih Emas Event Nasional KRAP Walikota Yogyakarta VIII

''Dari desa-desa yang mengelar audiensi tidak ada masalah yang berarti ditemukan. Karenanya kami juga merekomendasikan agar perangkat desa terpilih dari seleksi itu untuk dilanjutkan prosesnya dengan pengangkatan,'' terang anggota DPRD dari PDI Perjuangan ini.


Lebih lanjut, dia mengatakan seleksi perangkat desa merupakan kewenangan penuh dari desa.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wajah Kota Rembang Diminta Diperbaiki

Kamis, 13 Januari 2022 | 11:58 WIB
X