8 Ton Rokok Ilegal Senilai Rp 4,8 Miliar Dimusnahkan

- Kamis, 18 November 2021 | 05:40 WIB
Seremoni pembakaran rokok ilegal hasil penindakan Bea dan Cukai Kudus di halaman kantor institusi setempat, Rabu (17/11) siang. (suaramerdeka.com/Anton WH)
Seremoni pembakaran rokok ilegal hasil penindakan Bea dan Cukai Kudus di halaman kantor institusi setempat, Rabu (17/11) siang. (suaramerdeka.com/Anton WH)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com - Sebanyak delapan ton rokok ilegal hasil penindakan Tim Bea dan Cukai Kudus periode 20 Desember 2020 sampai September 2021. Dari hasil 23 penindakan selama periode tersebut terkumpul barang bukti rokok ilegal senilai Rp 4,8 miliar dan potensi kerugian negara yang dapat diselamatkan mencapai Rp 3,17 miliar.

Sebagian barang bukti dibakar di halaman Kantor Bea dan Cukai Kudus disaksikan Bupati Hartopo dan jajaran Muspida serta Kepala Bea dan Cukai Jateng DIY, Purwantoro. Sisanya, rokok bodong diangkut truk ke TPA di Kabupaten Pati yang dianggap masih mempunyai ruang untuk penimbunan.

Kepala Bea dan Cukai Jateng dan DIY Purwantoro, mengapresiasi upaya petugas yang sudah berusaha menyelematkan kerugian negara dari produksi rokok ilegal. Selain tindakan tegas, pihaknya juga menekankan upaya persuasif. ''Bagaimana produsen rokok ilegal menjadi legal,'' tandasnya.

BACA JUGA : Hanya Sentuh Aktor Lapangan, Penindakan Rokok Ilegal Belum Tuntas

Diakuinya, meskipun pemberantasan rokok ilegal gencar dilakukan, barang hisapan tanpa cukai masih tetap ada. Kondisi tersebut dimungkinkan karena memang ada pasar yang menerima produk tersebut.

''Kita juga memberi edukasi kepada masyarakat mengenai rokok yang legal,'' paparnya.

Pelaksana tugas Kepala Bea dan Cukai Kudus, Sutopo, menyatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan semua pihak untuk memberantas rokok ilegal. Upaya tersebut dimaksudkan memberi ruang gerak kepada perusahaan yang membayar cukai secara resmi.

''Sekaligus menyelamatkan potensi kerugian negara,'' ujarnya.

Bupati Kudus Hartopo, menyatakan akan selalu bersinergi dengan instansi terkait untuk menggelar penindakan barang kena cukai ilegal. Serangkaian sosialisasi hingga kemarin masih digelar Pemkab Kudus untuk memberi pemahaman mengenai rokok legal dan ilegal.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB

Momen Hari Pahlawan, Bupati Hartopo Ingatkan Persatuan

Sabtu, 12 November 2022 | 06:39 WIB

Di Kudus, 391 Orang Telah Daftar Seleksi PPPK Guru

Sabtu, 12 November 2022 | 06:33 WIB
X