Catat! Sabtu 13 November Ada Festival Bandeng Mrico di Lasem, Silakan Daftar Klik Tautannya di Sini

- Selasa, 9 November 2021 | 12:18 WIB
Susur Sungai Dasun akan menjadi salah satu atraksi Festival Bandeng Mrico di Desa Dasun Kecamatan Lasem Sabtu 13 November 2021. (suaramerdeka.com/Mulyanto Ari Wibowo)
Susur Sungai Dasun akan menjadi salah satu atraksi Festival Bandeng Mrico di Desa Dasun Kecamatan Lasem Sabtu 13 November 2021. (suaramerdeka.com/Mulyanto Ari Wibowo)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com- Desa Dasun Kecamatan Lasem yang merupakan Desa Pemajuan Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Sabtu (13/11/2021) hingga Minggu (14/11/2021) akan menggelar Festival Bandeng Mrico pertama.

Selain mengenalkan bandeng mrico, masakan khas pesisir Desa Dasun, festival itu juga untuk mengenalkan potensi wisata dan budaya yang ada di desa.

Ketua Panitia Festival Bandeng Mrico Desa Dasun, Achmad Sholeh Syariffudin mengatakan, Festival Bandeng Mrico dengan tagline Bandeng Mrico Corona Lungo itu diharapkan menjadi pintu masuk untuk mengenalkan kebudayaan desa Dasun kepada warga masyarakat luas.

Baca Juga: Twibbon Trending Hari Pahlawan: Rayakan dengan Penuh Semangat

''Berbulan-bulan lamanya kami melakukan pendataan kenali potensi. Kami mulai menyisir satu persatu, dari hulu hingga hilir, tentang apa saja yang dimiliki desa kami. Kami menyadari pentingnya pelestarian budaya desa. Bukan semata-mata untuk mengenalkan saja, tapi jauh lebih penting daripada itu, bahwa kebudayaan desa dapat ditransformasikan melalui kegiatan-kegiatan desa untuk memajukan warga,'' terang dia.


Dia menambahkan dalam kegiatan dua hari itu, panitia dari Desa Dasun juga menyiapkan kegiatan susur Sungai Dasun, kemah budaya, menangkap ikan di tambak bandeng, memasak bandeng mrico dan makan bersama.

Baca Juga: 17 Karaoke Disegel, Ansor Kudus : Jangan Sekedar Seremoni Saja

"Pengunjung bisa belajar memasak bandeng mrico dalam sesi Emak Emak Dasun Membumbui Indonesia di hari Minggu pagi. Sedangkan dalam kemah budaya, kami menyiapkan pertunjukan seni Laesan, salah satu kesenian kuno di Lasem,'' jelas dia.


Sekretaris Desa Dasun, Exsan Ali S mengatakan karena masih pandemi Covid-19, pihaknya menerapkan sistem pendaftaran bagi pengunjung yang hendak hadir.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wajah Kota Rembang Diminta Diperbaiki

Kamis, 13 Januari 2022 | 11:58 WIB
X