Latihan Gabungan SAR, Praja IPDN Raih Nilai Tertinggi

- Selasa, 9 November 2021 | 04:58 WIB
Bintek SAR dan Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana Tahun 2021 yang diselenggarakan BPBD Kabupaten Jepara, di Hutan Pinusan, Setro Batealit, Kecamatan Batealit, Jumat pagi - Minggu sore (5-7/11). (suaramerdeka.com/Sukardi)
Bintek SAR dan Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana Tahun 2021 yang diselenggarakan BPBD Kabupaten Jepara, di Hutan Pinusan, Setro Batealit, Kecamatan Batealit, Jumat pagi - Minggu sore (5-7/11). (suaramerdeka.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com – Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor peraih nilai tertinggi pada Bintek SAR dan Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana Tahun 2021 yang diselenggarakan BPBD Kabupaten Jepara, di Hutan Pinusan, Setro Batealit, Kecamatan Batealit, Jumat pagi –Minggu sore (5-7/11).

“Kegiatan telah berjalan lancar tanpa hambatan. Dikuti berbagai organisasi kemasyarakatan dan perguruan tinggi,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara Arwin Noor Isdiyanto, didampingi Penyelenggara Kegiatan Nugroho Isman, seusai penutupan kegiatan Minggu sore.

Setelah mengikuti latihan gabungan, kata Arwin, diharapkan peserta dapat menularkan ilmu yang di perolehnya kepada rekan seorganisasinya dan timbulkan jiwa korsa diantara peserta yang berasal dari berbagai latar belakang.

BACA JUGA : Antisipasi Bencana, BPBD Gelar Latihan SAR Gabungan

Sehingga, saat terjun membantu masyarakat yang terkena bencana, tidak muncul rasa egoisme sektoral, tetapi berada dalam satu komando barisan relawan penanggulangan Bencana.

Dia menjelaskan, kegiatan dimulai pada hari pertama dengan materi teori navigasi dan pengenalan medan dari Kodim 0719/Jepara.

Teori navigasi dan pengenalan medan diberikan kepada relawan PB dengan maksud agar relawan mempunyai bekal dalam menentukan arah dan koordinat lokasi survivor.

Pada jam kedua, peserta dibekali materi SOP penemuan mayat dan trauma healing dari Polres Jepara. Materi ini diberikan agar relawan tahu harus berbuat apa jika menemukan mayat tak dikenal dan harus berbuat apa jika menangani survivor dari segi psikisnya. Materi ke tiga, diberikan oleh Basarnas Pos Jepara ,yaitu Explore Search and rescue ( ESAR ).

Materi ini diberikan kepada relawan PB agar mengetahui managemen penyelamatan survivor.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jelang Imlek, Klenteng Dibersihkan Gotong Royong

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:50 WIB

Aklamasi, Hadi Sarwoko Terpilih Lagi Ketua PPNI Jepara

Minggu, 23 Januari 2022 | 05:51 WIB

Pertuni : Punya Anak Tunanetra Jangan Disembunyikan

Rabu, 12 Januari 2022 | 17:55 WIB

Bawaslu RI Beri Apresiasi Pada Bawaslu Jepara

Rabu, 12 Januari 2022 | 10:44 WIB

Dokter Edwin Tohaga Ketua IDI Jepara

Senin, 10 Januari 2022 | 07:29 WIB

Jepara Kekurangan Jumlah Penghulu

Sabtu, 8 Januari 2022 | 16:19 WIB

Vaksinasi Anak di Jepara Dimulai dari Karimunjawa

Jumat, 7 Januari 2022 | 18:52 WIB
X