Kudus Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 20:25 WIB
Bupati Kudus HM Hartopo menunjukkan penghargaan APE yang diraih Kabupaten Kudus dalam menjalankan program pengarusutamaan gender, Rabu (13/10). (suaramerdeka.com/dok)
Bupati Kudus HM Hartopo menunjukkan penghargaan APE yang diraih Kabupaten Kudus dalam menjalankan program pengarusutamaan gender, Rabu (13/10). (suaramerdeka.com/dok)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Kabupaten Kudus kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menyerahkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) level madya Tahun 2020 kepada Kabupaten Kudus, karena dinilai berhasil dalam menjalankan program pengarusutamaan gender (PUG).

Penyerahan penghargaan digelar secara daring. Bupati Kudus HM Hartopo didampingi Ketua RP PKK Kudus Mawar Hartopo hadir menerima penghargaan APE di ruang Command Center Diskominfo Kudus, Rabu (13/10).

Sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Kudus turut hadir pada penyerahan penghargaan itu. Hartopo mengatakan, penghargaan ini menjadi salah satu bukti atas kinerja pelayanan Pemkab Kudus kepada masyarakat.

BACA JUGA : Chairman Pura Group Jacobus Terima Penghargaan Mahaputera Nararya

APE merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian PPPA kepada kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian, lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dalam pelaksanaan strategi pengarusutaamaan gender (PUG).

Kabupaten Kudus mendapatkan penghargaan APE untuk kategori madya. “Alhamdulillah kita bisa naik kelas. Dulu Kudus mendapatkan penghargaan ini di kategori pratama, sekarang bisa meraih kategori madya. Harapan kami tentunya tahap demi tahap kedepan bisa selalu naik kelas,” ujarnya.

Bupati mendorong OPD terkait untuk tak malu untuk terus belajar ke daerah lain yang dinilai telah berhasil melakukan program PUG. “Sebaiknya memang perlu study banding, menimba ilmu di daerah lain agar dapat diimplementasikan di Kabupaten Kudus. Terutama terkait penanganan kekerasan anak, perlindungan anak dan perempuan,”ujarnya.

Hartopo menambahkan, saat ini merupakan era dimana emansipasi wanita terus diperkuat. Sebab, kaum perempuan juga memegang peranan penting dalam kehidupan.

“Sekarang perempuan bisa terus bersaing, bisa masuk ke dalam sebuah organisasi struktural (pimpinan). Karena itu perlu juga melihat kondisi daerah lain yang dinilai lebih baik, agar bisa diterapkan di Kudus, utamanya dalam program PUG ini,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB

KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB

Pecah! Warga Tumpah Ruah Saksikan Kudus Fashion Art

Sabtu, 24 September 2022 | 07:03 WIB
X