Perbaikan Sekolah Rusak Tebang Pilih

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 05:25 WIB
Bendera merah putih berkibar dengan latar belakang SDN 3 Undaan Kidul, Kecamatan Undaan yang rusak, kemarin. (suaramerdeka.com/Anton WH)
Bendera merah putih berkibar dengan latar belakang SDN 3 Undaan Kidul, Kecamatan Undaan yang rusak, kemarin. (suaramerdeka.com/Anton WH)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com - Perbaikan sarana pendidikan diduga masih tebang pilih. Sebagian sekolah yang sebenarnya masih berkondisi baik terpantau dilakukan sejumlah perbaikan. Sebaliknya, sekolah rusak yang jauh dari perhatian justru seringkali luput dan tertunda dibenahi.

Anggota Komisi D DPRD Kudus dan Ketua DPD PAN Endang Kursistyani mengemukakan hal tersebut, Selasa (12/10). Dia mengaku prihatin kabar sekolah rusak kembali menyeruak. "Perbaikannya jangan tebang pilih," katanya.

Pihaknya berharap terkait rencana perbaikan sekolah rusak pada masa mendatang, secara lebih aktif berkomunikasi dan melibatkan legisatif. Wakil rakyat diminta dilibatkan tidak dalam upaya mbuntuti, tetapi memberi masukan. ''Kami berharap inventarisasi data melibatkan kami,'' tandasnya.

BACA JUGA : Dua Ruang Kelas SDN 3 Undaan Kidul Ambrol

Pandemi yang sudah berlangsung lebih dari satu setengah tahun berdampak banyak terhadap pemeliharaan infrastruktur publik, salah satunya sarana pendidikan. Dihentikannya pembelajaran tatap muka (PTM) dimungkinkan mengimbas pada kualitas pemeliharaan.

''Bangunan yang sepertinya baik-baik saja, mungkin diserang rayap,'' ujarnya.

Kualitas pemantauan terkait upaya pemeliharaan sarana di sekolah berbeda saat pandemi dan ketika kondisi normal, berbeda. Saat kondisi normal, bila terjadi kerusakan kecil saja dimungkinkan terpantau dengan mudah.

Ketua DPRD Kabupaten Kudus, Masan,  berharap persoalan sekolah rusak segera dituntaskan solusinya. Hal tersebut dimulai dari identifikasi kondisi sekolah.

''Identifikasi harus dilakukan menyeluruh se Kabupaten Kudus,'' ujarnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB

Momen Hari Pahlawan, Bupati Hartopo Ingatkan Persatuan

Sabtu, 12 November 2022 | 06:39 WIB

Di Kudus, 391 Orang Telah Daftar Seleksi PPPK Guru

Sabtu, 12 November 2022 | 06:33 WIB
X