Dua Ruang Kelas SDN 3 Undaan Kidul Ambrol

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 06:10 WIB
Sejumlah siswa SDN 3 Undaan Kidul, Kecamatan Undaan usai jam pelajaran memperlihatkan ruangan kelas mereka yang rusak, Senin (11/10) pagi. (suaramerdeka.com/Anton WH)
Sejumlah siswa SDN 3 Undaan Kidul, Kecamatan Undaan usai jam pelajaran memperlihatkan ruangan kelas mereka yang rusak, Senin (11/10) pagi. (suaramerdeka.com/Anton WH)

KUDUS, suaramerdeka-muria.com -Persoalan sekolah bobrok masih menghantui Kabupaten Kudus. Meskipun serangkaian upaya perbaikan dan identifikasi dilakukan, masih saja ditemui infrastruktur belajar yang tidak layak.

Kondisi ruang kelas III dan kelas II di Dukuh Gatet, Desa Undaan Kidul, Kecamatan Undaan misalnya. Kondisinya memprihatinkan.

Informasi yang dihimpun ruangan kelas III ambrol tahun 2019. Selanjutnya, awal tahun ini giliran ruang kelas II yang rusak.

BACA JUGA : Baru Setahun Dibangun, Atap SDN 1 Garung Lor Ambrol

Senin (11/10) pagi, sang saka merah putih berkibar gagah dengan latar belakang dua ruangan kelas yang rusak tersebut.
Kepala Sekolah SDN 4 Undaan Kidul, Karsono saat ditemui Suara Merdeka menyebut, sekolahnya dan SDN 3 sudah sejak 2018 di-regrouping. SDN 4 Undaan Kidul berjarak sekitar tiga kilometer arah barat SDN 3 Undaan Kidul.

Banyak kendala yang dihadapi dalam regrouping tersebut,'' katanya.

Sebagian orang tua SDN 3 Undaan Kidul keberatan bila harus mengungsi belajar ke barat. Jarak kedua sekolah cukup jauh.
''Mereka kesulitan bila harus menempuh jarah sejauh itu,'' tandasnya.

Kendala lain, jumlah siswa SDN 3 Undaan Kidul hanya sekitar 40 anak mulai dari kelas I hingga kelas VI. Bila ruangan yang rusak dibangun, dinilai tidak efektif dan disarankan proses belajar mengajar dilakukan bersamaan di SDN 4 Undaan Kidul.

Hingga akhirnya, ruang kelas III dan kelas II runtuh. Tidak ada korban akibat musibah akibat sekolah rusak tersebut. Hanya saja, saat sekarang 40 siswa kelas I hingga kelas VI belajar di dalam ruangan yang disekat-sekat.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB

KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB

Pecah! Warga Tumpah Ruah Saksikan Kudus Fashion Art

Sabtu, 24 September 2022 | 07:03 WIB
X