Tim Gabungan Cukai-Subdenpom Pati Gerebek Pengangkutan Rokok Ilegal

- Senin, 11 Oktober 2021 | 08:15 WIB
Barang bukti penindakan rokok ilegal oleh tim gabungan.(suaramerdeka.com/Anton WH
Barang bukti penindakan rokok ilegal oleh tim gabungan.(suaramerdeka.com/Anton WH

KUDUS, suaramerdeka-muria.com - Tim Bea Cukai Kudus dan Subdenpon IV/32 Pati menggerebek rumah yang digunakan sebagai tempat penyimpanan rokok ilegal di Desa Purwogondo, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, akhir pekan lalju. Ratusan ribu batang rokok ilegal diamankan pada penindakan tersebut.

Kepala Bea Cukai Kudus Gatot Sugeng Wibowo, kepada Suara Merdeka menyebut penindakan bermula dari patroli di kawasan tersebut. Informasi yang dihimpun, disebutkan akan ada distribusi rokok polos. ''Kami mendeteksi distribusi rokok ilegal,'' katanya.

Aparat di lapangan mendeteksi sebuah minibus warna merah yang teridentifikasi sebagai sarana pengangkut rokok ilegal. Mobil terparkir di depan sebuah rumah, yang setelah diperiksa didapati rokok ilegal yang siap didistribusikan. "Barang bukti ditemukan di rumah tersebut,'' jelasnya.

BACA JUGA : Truk Pengangkut Rokok Ilegal Diamankan, 1,2 Juta Batang Disita

Hasil penindakan disita 906.000 batang rokok jenis SKM (Sigaret Kretek Mesin) berbagai merk tanpa dilekati pita cukai (polos). Petugas menemukan fakta lainnya berupa pelekan pita cukai palsu pada rokok. Nilainya pita cukai palsu sebesar Rp 926.120.000.

"Total potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan dari penindakan ini sebesar Rp 607.309.920,00,'' tandasnya.

Saat dikonfirmasi, Gatot menyebut tiga orang dimintai keterangan dalam penindakan tersebut. Ketiganya, dengan identitas yang belum disebutkan aparat karena masih dalam pengembangan, dibawa ke Kantor Bea dan Cukai Kudus.

Terkait penindakan rokok cukai, pihaknya menghimbau masyarakat tidak menjual maupun membeli rokok ilegal. Ancaman sanksi pidana untuk pelanggar ketentuan tersebut berupa penjara satu tahun sampai delapan tahun dan denda hingga 20 kali nilai. Negara tidak melarang rakyat untuk memproduksi rokok, asalkan sesuai ketentuan yang legal.

Pengurusan izin NPPBKC, untuk memproduksi rokok secara legal, dapat dilakukan di Bea Cukai Kudus secara mudah dan gratis.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Realisasi Bulan Dana PMI Kudus Capai Rp 925,6 Juta

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:46 WIB

Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB

KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB

Pecah! Warga Tumpah Ruah Saksikan Kudus Fashion Art

Sabtu, 24 September 2022 | 07:03 WIB
X