Moderasi Beragama Kunci Toleransi dan Kerukunan Umat

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 11:32 WIB
Dialog Kerukunan Umat Bergama dan Moderasi Beragama dengan nara sumber Bupati,Kapolres, Ketua FKUB, dan Kakankemenag di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Jepara, Kamis (7/10). (suaramerdeka.com/Sukardi)
Dialog Kerukunan Umat Bergama dan Moderasi Beragama dengan nara sumber Bupati,Kapolres, Ketua FKUB, dan Kakankemenag di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Jepara, Kamis (7/10). (suaramerdeka.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria - Moderasi beragama sesungguhnya merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan antar ummat beragama dalam bingkai kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Moderasi beragama merupakan proses menyakini, memahami dan mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang, dalam segala hal,’’ ujar Bupati Jepara Dian Kristiandi saat menyampaikan pemaparan pada ‘’Dialog Kerukunan Umat Bergama dan Moderasi Beragama," di Aula Kantor kemenag Kabupaten Jepara, Kamis (7/10).

Dialog yang dimoderatori Penyuluh Agama Islam Ustadz Badruddin , juga menampilkan nara sumber Kapolres AKBP Warsono, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Dr KH Mashudi, Kakankemenag Muh Habib. Hadir, para pejabat Kankemenag, sejumlah utusan dari instansi terkait,  serta perwakilan umat beragama.

BACA JUGA : Layanan KB Tingkatkan Peserta Baru, Syaratnya Sudah Nikah !!

Dian Kristiandi menegaskan, dengan mengedepankan moderasi beragama,akan menghasilkan cara pandang, sikap dan perilaku yang selalu mengambil jalan tengah diantara dua hal. Antara kepentingan jasmani dan rohani, antara teks dan konteks, idealitas dan realitas, hak dan kewajiban, orientasi keagamaan dan orientasi kebangsaan, individu dan kepentingan umum, masa lalu dan masa depan.

Sedang Kapolres AKBP Warsono menyebutkan, ada 4 indikator seseorang itu modern; Pertama toleransi, ke dua anti kekerasan, ke tiga mempunyai komitmen kebangsaan yang tinggi dan yang ke empat memiliki pemahaman dan perilaku beragama yang akomodatif terhadap budaya lokal atau konteks Indonesia yang multikultural dan multi agama.

"Satu hal yang paling penting untuk dihindarkan dalam kehidupan masyarakat adalah sikap ekstrim. Apalagi sampai menimbulkan konflik, karena apabila ada konflik yang berakar dari masalah agama akan menimbulkan resika yang sangat dahsyat," terangnya.

Ketua FKUB, yang juga Ketua MUI Kabupaten Jepara Dr KH Mashudi mengajak warga dan umat beragama memahami kearifan lokal Jepara yang tumbuh dan berkembang di Kota Ukir Jepara.

"Jika kita harus belajar dari kejadian di masa lalu, maka ummat beragama di Jepara akan dapat lebih dewasa di dalam kehidupan dalam kaitannnya dengan pengamalan keagamaannya maupun sikap berbangsa dan bernegara. Inti dari kerukunan adalah bila kita terbiasa dengan adanya perbedaan dan keragaman dan tidak anti kepada kelompok yang berbeda," ujar Mashudi, yang juga dosen UIN Walisongo Semarang itu.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Jepara Muh Habib menghimbau dan mengharap dengan sangat kepada seluruh ummat beragama di Jepara untuk dengan semaksimal mungkin mengamalkan ajaran dan syariatnya masing-masing, tapi harus tetap menghargai dan menghormati ummat lain yang ada di lingkungannya. Kemerdekaan beragama dijamin oleh konstitusi, maka bagaimana menjaga keseimbangan antara kebebasan beragama dengan komitment kebangsaan untuk menumbuhkan cinta tanah air.

Menurut Kasubbag TU KanKemenag Jepara Akhsan Mukhyiddin kegiatan tersebut merupakan pelaksanaan dari kebijakan Kementerian Agama RI untuk pengarusutamaan Moderasi beragama. Harapannya dengan adanya kegiatan tersebut, akan membawa dampak positiv bagi kerukunan ummat beragama di Jepara.

Dijelaskan, kegiatan diikuti 37 Peserta, terdiri dari 7 orang Pejabat pada KanKemenag Kab. Jepara, 14 peserta perwakilan dari Muslim, 5 peserta dari Kristen, 5 peserta dari Budha, 3 peserta dari Katholik dan 3 peserta dari Hindu.

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemanag Jepara Launching PTSP Online

Rabu, 8 Desember 2021 | 02:35 WIB

Puskesmas Karimunjawa Lakukan Vaksinasi Door to Door

Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:04 WIB

Kemnaker Sosialisasikan Perlindungan Pekerja Migran

Sabtu, 27 November 2021 | 14:56 WIB

Bupati Jepara Apresiasi Perjuangan Guru Saat Pandemi

Jumat, 26 November 2021 | 15:08 WIB

Beraneka Kegiatan Meriahkan HUT ke-76 PGRI dan HGN

Kamis, 25 November 2021 | 06:20 WIB

Produk Hukum KPU Jepara Bisa Diakses Siapa Saja

Senin, 22 November 2021 | 11:47 WIB

25 Pemudi Dididik Jadi Pengusaha Katering

Sabtu, 20 November 2021 | 07:47 WIB

Di Jepara, Anak Yatim Korban Covid-19 Terima Bantuan

Senin, 15 November 2021 | 18:46 WIB

DPD PKS Jepara Buka Pendaftaran Caleg

Rabu, 10 November 2021 | 21:28 WIB

Latihan Gabungan SAR, Praja IPDN Raih Nilai Tertinggi

Selasa, 9 November 2021 | 04:58 WIB
X