Cakupan Vaksinasi Lebih dari 50 Persen, Distribusi Vaksin Diharapkan Semakin Lancar

- Senin, 4 Oktober 2021 | 08:10 WIB
Bupati Kudus Hartopo berbincang dengan seorang peserta vaksinasi massal pada salah sebuah lembaga pendidikan tinggi. (suaramerdeka.com/Anton WH)
Bupati Kudus Hartopo berbincang dengan seorang peserta vaksinasi massal pada salah sebuah lembaga pendidikan tinggi. (suaramerdeka.com/Anton WH)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com - Hingga akhir September 2021 capaian vaksinasi di Kabupaten Kudus sudah mencapai 50 persen dari sasaran. Pencapaian tersebut sesuai Inemendagri Nomor 43 Tahun 2021 sudah memenuhi persyaratan suatu kawasan masuk level 2 PPKM.

Menurut Kasi Surveilens dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Aniq Fuad, mengacu regulasi tersebut level 2 PPKM mensyaratkan vaksinasi komulatif dosis 1 minimal 50 persen dan vaksinasi Lansia dosis 1 minimal 40 persen. Pekerjaan rumah di Kudus, vaksinasi Lansia dosis 1 di Kudus masih di bawah standar yang ditentukan.

''Pencapaiannya sekitar 23 persen dari total sasaran sebanyak 71.098 Lansia,'' ujarnya.

 BACA JUGA : Ajak Warga Vaksinasi, Pemdes Ngembal Kulon Terjunkan Kader Kesehatan

 

Ditambahkannya, kasus aktif sudah sangat rendah, rata-rata hariannya kurang dari 20. Lebih lanjut, Aniq mengatakan secara umum percepatan vaksinasi di Kudus berjalan dengan baik. Terlebih antusiasme masyarakat terhadap vaksinasi Covid-19 sangat tinggi.

Percepatan vaksinasi di Kudus terhambat sebab distribusi vaksin dari pemerintah yang seret. Masyarakat sering harus menunggu untuk mendapatkan vaksinasi.

Dia mencontihkan ada perwakilan salah sebuah SMK yang minta vaksin untuk 500 siswa dan guru. Mereka sudah meminta Puskesmas terdekat, tetapi stok vaksin kosong.

Aniq berharap dropping vaksin Covid-19 ke daerah non aglomerasi bisa ditingkatkan. Kesuksesan vaksinasi akan menyebabkan herd immunity di masyarakat bisa segera terbentuk.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Realisasi Bulan Dana PMI Kudus Capai Rp 925,6 Juta

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:46 WIB

Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB

KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB

Pecah! Warga Tumpah Ruah Saksikan Kudus Fashion Art

Sabtu, 24 September 2022 | 07:03 WIB
X