Normalisasi Sungai Terkendala Kewenangan dan Anggaran

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 07:24 WIB
Warga melintas di Jembatan Jeratun, Desa Temulus, Kecamatan Mejobo, dengan kondisi air sungai yang mengering. (suaramerdeka.com/Anton WH)
Warga melintas di Jembatan Jeratun, Desa Temulus, Kecamatan Mejobo, dengan kondisi air sungai yang mengering. (suaramerdeka.com/Anton WH)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com - Penanggulangan dan penanganan bencana terkendala kewenangan dan anggaran. Meskipun sudah seringkali diusulkan perbaikan infrastruktur mengantisipasi bencana, tidak serta merta segera direalisasikan.

Ketua DPRD Kudus Masan menyatakan, pada berbagai kesempatan eksekutif dan legislatif meminta normalisasi sungai untuk antisipasi banjir. Permintaan disampaikan ke pusat selaku pemegang kewenangan, sekaligus yang mempunyai alokasi dana.

"Daerah tidak akan mampu membiayai," katanya.

BACA JUGA : Penggalian Disetop, Ada Kubah di Dalam Gua Jepang Berbentuk L di Terban

Dia mencontohkan, normalisasi sejumlah sungai sudah sering disampaikan. Namun, pemerintah pusat mempunyai keterbatasan anggaran. Akibatnya, usulan harus tertunda beberapa tahun dan bahkan ada yang belum terealisasi hingga saat ini.

Pemerintah daerah tidak mempunyai opsi lain selain menunggu. Padahal, musim penghujan di Kota Keretek selalu disertai sejumlah persoalan, salah satunya banjir.

Disinggung apakah memungkinkan sebagian penanganan infrastruktur tersebut dilakukan daerah, Masan berpendapat hal tersebut sulit dilakukan.

"Sebaiknya kita menerima manfaat saja dari penanganan infrastruktur yang digelar pusat," ujarnya.

Bupati Kudus Hartopo ketika dimintai tanggapan, menyatakan persoalan tersebut tidak dapat dihindari. Salah satu persoalan yang dari dahulu disinggung yakni normalisasi Juwana. Normalisasi hulu ke hilir Sungai Juwana sangat penting untuk memperlancar aliran sungai-sungai lainnya.

Pihaknya sudah sering menyampaikan usulan normalisasi. Namun, kebutuhan dana yang sangat besar mengakibatkan penanganan belum dapat dilakukan secara utuh.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB

Momen Hari Pahlawan, Bupati Hartopo Ingatkan Persatuan

Sabtu, 12 November 2022 | 06:39 WIB

Di Kudus, 391 Orang Telah Daftar Seleksi PPPK Guru

Sabtu, 12 November 2022 | 06:33 WIB
X