Belum Setahun Proyek Rp 3,7 Miliar Terancam Longsor, Komisi III : Pemkab Kecolongan

- Senin, 27 September 2021 | 14:56 WIB
Sebab, pekerjaan senilai Rp 3.778.387.160 itu tidak berfungsi sesuai rencana. Nyatanya belum genap satu tahun sudah terancam longsor. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)
Sebab, pekerjaan senilai Rp 3.778.387.160 itu tidak berfungsi sesuai rencana. Nyatanya belum genap satu tahun sudah terancam longsor. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com – Komisi III DPRD Rembang menganggap Pemkab Rembang kecolongan terkait kondisi proyek jalan Sale-Tahunan, yang salah satu titiknya terancam longsor.

Sebab, proyek APBD 2020 tersebut rusak saat masih menjadi tanggung jawab rekanan.

Sedangkan saat ini masa pemeliharaan ditengarai sudah lewat dan rekanan tidak melakukan kewajiban memperbaiki kerusakan tersebut.

Baca Juga: Ansor Pati : Kami Ikuti PBNU, Muktamar Memang Mendesak Digelar

Wakil Ketua Komisi III DPRD Rembang, Puji Santoso menganggap, kondisi proyek tersebut merugikan Pemkab dan masyarakat.

Sebab, pekerjaan senilai Rp 3.778.387.160 itu tidak berfungsi sesuai rencana. Nyatanya belum genap satu tahun sudah terancam longsor.

Puji menyatakan, jika kerusakan jalan yang terancam longsor itu terjadi pada masa pemeliharaan, maka menjadi tanggung jawab rekanan.

Baca Juga: Belum Setahun, Proyek Rp 3,7 Miliar Terancam Longsor, Pemkab Lamban Menangani

Menurut Puji, setelah enam bulan masa pemeliharaan berlalu dan kerusakan tidak diperbaiki rekanan, maka sudah seharusnya anggaran sebesar 5 persen jaminan pemeliharaan tidak bisa dicairkan.

“Dalam kondisi seperti ini pemerintah sangat kecolongan, karena dirugikan pada pekerjaan itu. Kalau memang anggaran pemeliharaan tidak cair, maka pihak ketiga lari dari tanggung jawab,” papar Puji.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apindo Siap Gugat Usulan UMK Kabupaten Rembang 2023

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:39 WIB

Pemerintah Daerah Diminta Tidak Buat Pabrik Gula

Rabu, 30 November 2022 | 14:48 WIB
X