175 Siswa MAN 1 Jepara Terima Beasiswa dan Santunan

- Sabtu, 25 September 2021 | 05:30 WIB
Kepala MAN 1 Jepara Ahmad Rif’an --didampingi Ketua Komite Madrasah Roisul Falah , dan Kepala TU Siti Umaroh—menyerahkan beasiswa prestasi kepada perwakilan siswa di Ruang Multi Media Madrasah, Jumat (24/9). (suaramerdeka.com/Sukardi)
Kepala MAN 1 Jepara Ahmad Rif’an --didampingi Ketua Komite Madrasah Roisul Falah , dan Kepala TU Siti Umaroh—menyerahkan beasiswa prestasi kepada perwakilan siswa di Ruang Multi Media Madrasah, Jumat (24/9). (suaramerdeka.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com – Sebanyak 175 siswa MAN 1 Jepara menerima beasiswa dan santunan.  

’’Madrasah berupaya memberikan apresiasi dan  pelayanan sebaik baiknya kepada siswa,’’ ujar Kepala Man 1 Jepara Ahmad Rif’an saat menyerahkan beasiswa kepada perwakilan siswa berprestasi di Ruang Multi Media Madrasah, Jumat (24/9).

Penyerahan beasiswa dan santunan bersamaan sosialisasi Program PTM terbatas dan Program Komite Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kegiatan  dihadiri perwakilan wali murid, serta Ketua Komite Madrasah Roisul Falah  sejumlah anggota. Juga, Wakil Kepala Madrasah, dan Kepala TU Siti Umaroh.  

Ahmad Rif’an menjelaskan, santunan diberikan kepada 89 siswa yang  dengan keterbatasan ekonomi, namun aktif dalam berbagai kegiatan madrasah. Misalnya, pengurus OSIS, pengurus remaja masjid. Dana dikumpulkan dari koin pejajar yang diselenggarakan OSIS MAN 1 Jepara. Terkumpul dana Rp 22 juta lebih.

Sedangkan beasiswa yang diserahkan kepada  86 siswa. Beasiswa terdiri atas 21 untuk siswa berprestasi, dan 65  beasiswa pendidikan untuk siswa dari keluarga kurang mampu. Proses untuk beasiswa kurang mampu, proses dari usulan, home visit dan pengecekan lingkungan—sehingga tepat sasaran.

‘’Khusus untuk beasiswa prestasi diberikan tiap semester. Bagi siswa berperstasi, bisa menerima beasiswa berkali kali,’’ terang Rif’an.

Besarnya beasiswa bervariasi. Misalnya, mendapatkan beasiswa bebas Syahriyah selama 12 bulan dan bebas infaq pengembangan bagi siswa yang meraih prestasi juara tingkat nasional. Sudah ada indeknya, mulai prestasi tingkat kabupaten, provinsi, nasional, hingga internasional. Ada siswa, yang berprestasi sejak kelas X hingga kelas XII, sehingga  selalu bebas syahriyah dan infaq.

Bahkan, ada siswa yang akan mendapatkan  menyembalian dari madrasah. Jika total lama belajar tiga (36 bulan) tapi beasiswa prestasi yang diperoleh lebih dari itu, maka akan mendapatkan chash back.

‘’Kami juga menyiapkan beasiswa hingga lulus S 1 bagi siswa yang menjadi Juara Nasional KSN (Kompetisi Sains Nasional) yang diselenggarakan Kemendikbud Ristek,’’ ujar Rif’an.

Siswa juga selalu didorong meraih prestasi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang diselenggarakan Kementerian Agama RI. Seperti halnya KSN, proses KSM juga dilaksanakan berjenjang mulai tingkat Kabupaten, provinsi, hingga nasional.

Dimas Yudha Saputra, siswa Kelas XII MIPA3, contoh, siswa yang selalu prestasi sejak  kelas X. Prestasi yang diraih,  antara lain, Medali Emas Komputer Science Competition Nasional 202, Perunggu Informatika tingkat Nasional 2021, Juara 1 Matematika tingkat Provinsi Jateng 2021, Juara 1 Kompetisi sains Nasional (KSN) kab Jepara bidang informatika 2021.

Demikian juga, Sakinatul Mufadah, Kelas XII MIPA4. Dia meraih Juara 1 Kompetisi Sains Nasional (KSN) Kabupaten Jepara 2021, Juara 1 Kometisi Sains Madrasah (KSM) Matematika Kab Jepara 2021, Juara 3 Internasional Olimpiade Literasi dan  Numerasi Indonesia 2021, dan Medali perunggu Hongkong International mathematics Olympiad 2021.

Sedangkan, Devi Widuri Wijayanti, XII MIPA 3, meraih Juara 1 Karya Ilmiah Remaja Food Engineering Competition Tingkat Nasional IPB Bogor 2020. Dan, Medali Perak World Science Environment and Engineering Competition Tingkat International 2021.

Ketua Komite MAN 1 Jepara Roisul Falah sangat mendukung program madrasah yang memberikan penghargaan dan dorongan pengembangan ilmu bagi para siswa.

‘’Yakinlah, orang yang semangat mencari ilmu akan diberikan kemudahan oleh Allah SWT. Dengan belajar yang baik dan  meraih keberkahan  ilmu, akan mendapatkan  mengangkat derajat pada kehiduoan dunia hingga akhirat,’’ ujarnya.

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

941 Siswa MTsN 1 Jepara Sudah Divaksin

Senin, 18 Oktober 2021 | 02:30 WIB

Jepara Kekurangan Pengawas Sekolah

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 04:20 WIB

Vaksinasi Harian di Jepara Ditarget 11.000 Dosis

Jumat, 15 Oktober 2021 | 19:35 WIB

Siswa SDIT Amal Insani Jepara Juara Hihdzil Quran

Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:59 WIB

Anggaran Pilkada 2024 Disiapkan Lebih Awal

Selasa, 12 Oktober 2021 | 05:05 WIB

Kader Pengawas Jepara Ikuti SKKP Tingkat Dasar

Sabtu, 9 Oktober 2021 | 05:22 WIB

1.030 Siswa MAN 1 Jepara Sudah Divaksin

Jumat, 8 Oktober 2021 | 21:50 WIB
X