Dinas Perdagangan Restui Kios Kosong Pasar Kalirejo untuk BUMDes dan UMKM

- Kamis, 23 September 2021 | 05:50 WIB
Aktivitas publik di dekat Pasar Babalan, Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Anton WH)
Aktivitas publik di dekat Pasar Babalan, Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Anton WH)

KUDUS,suaramerdeka-muria - Dinas Perdagangan akhirnya menyetujui permohonan pemakaian kios di Pasar Babalan, Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan untuk BUMDes dan kegiatan UMKM setempat.

Persetujuan penggunaan didasarkan atas dikeluarkannya surat pendasaran Nomor 501.1.6/KLRJ.06/2021 dan Nomor 501.1.6/KLRJ.07/2021 tanggal 15 Juli 2021.

Sekdin Dinas Perdagangan Andi Imam Santosa ketika dikonfirmasi Suara Merdeka membenarkan hal tersebut, Rabu (22/9). Ditambahkannya, meskipun sudah mengantongi surat pendasaran, pemanfaatan harus mematuhi aturan yang berlaku. ''Mereka dapat menggunakannya sesuai permohonan,'' katanya.

BACA JUGA : Banyak Kios Pasar Babalan Kosong, Pemdes Kalirejo Usul untuk Ruang Pamer UMKM

Surat pendasaran dimungkinkan dicabut bila dalam perkembangannya terdapat pelanggaran ketentuan yang berlaku. Dinas mempunyai kewenangan mencabut penggunaannya.

Saat sekarang, semua kios di Pasar Babalan sudah terisi. Pengertiannya, tidak ada kios yang tidak bertuan. Persoalan apakah kios akan segera digunakan untuk berjualan atau tidak, tergantung dari kondisi masing-masing pedagang.

''Kami minta agar kios dimanfaatkan sebaik-baiknya,'' ujarnya.

Beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan, meminta kepada Dinas Perdagangan agar dapat memanfaatkan kios kosong di Pasar Babalan untuk usaha BUMDEs dan ruang pamer UMKM.

Sejak dibangun beberapa tahun yang lalu, sebagian kios di tepi Jalan Kudus-Purwodadi belum digunakan. Permohonan pengajuan pemanfaatan kios sudah disampaikan melalui surat resmi kepada Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Dinas Perdagangan.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi, Petugas Amankan Mobil Pengangkut Rokok Ilegal

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:15 WIB

Bupati Kudus Tegaskan Pelarangan Kafe Karaoke

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:09 WIB

PUPR Benahi Kerusakan Jalan Kudus-Jepara

Selasa, 19 Oktober 2021 | 05:55 WIB

KTNA Minta Alokasi Pupuk Bersubsidi Dikaji Ulang

Senin, 18 Oktober 2021 | 06:25 WIB
X