Kominfo Implementasikan Keterbukaan Informasi Publik

- Selasa, 21 September 2021 | 06:05 WIB
Bupati Kudus Hartopo memberikan penjelasan kepada awak media terkait pelaksanaan pembangunan, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Anton WH)
Bupati Kudus Hartopo memberikan penjelasan kepada awak media terkait pelaksanaan pembangunan, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Anton WH)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com - Kominfo Kabupaten Kudus memastikan siap mengimplementasikan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara proporsional. Publik dipastikan dipermudah mendapatkan informasi sepanjang secara aturan memperbolehkan.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kudus Dwi Yusi Sasepti, mengemukakan hal tersebut kepada Suara Merdeka, Senin (20/9). Pihaknya akan secara terbuka melayani permintaan informasi kepada publik sepanjang secara aturan diperbolehkan.

"Yang jelas, kami siap menjalankan KIP,'' katanya.

BACA JUGA : Gerindra Kudus Gelar Vaksinasi Massal, Siapkan Seribu Dosis Vaksin

Menurutnya, dinamika perkembangan jaman menuntut keterbukaan. UU KIP menggariskan keterbukaan bagi badan publik dalam menjalankan program-programnya, khususnya yang didanai APBN maupun APBD.

Saat sekarang telah memasuki era keterbukaan, era informasi, dan era digital. Akses informasi dapat dilakukan dengan mudah kapan saja dan darimana saja.

"Kinerja kita dapat terus terekam jejak digital,'' jelasnya.

Keterbukaan informasi publik dianggap sebagai bagian dari kebutuhan dan komitmen dalam pemenuhan hak-hak publik. Hak masyarakat untuk mendapatkan informasi telah dijamin oleh UU KIP. bahkan UUD 1945 juga telah mengatur hak masyarakat untuk mendapatkan informasi.

Penerapan KIP diharapkan menumbuhkan pemahaman mengenai hak dan kewajibannya dalam mengelola informasi publiknya.Sebaliknya, masyarakat dapat memanfaatkan informasi pada badan publik untuk peningkatan pengetahuan dan pengembangan dirinya ke arah yang lebih baik.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi, Petugas Amankan Mobil Pengangkut Rokok Ilegal

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:15 WIB

Bupati Kudus Tegaskan Pelarangan Kafe Karaoke

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:09 WIB

PUPR Benahi Kerusakan Jalan Kudus-Jepara

Selasa, 19 Oktober 2021 | 05:55 WIB

KTNA Minta Alokasi Pupuk Bersubsidi Dikaji Ulang

Senin, 18 Oktober 2021 | 06:25 WIB
X