Pertama Sejak Pandemi, RSUD Kudus Catatkan Nol Pasien Covid-19

- Sabtu, 18 September 2021 | 04:30 WIB
Petugas medis RSU dr Loekmonohadi keluar dari ruang isolasi khusus untuk pasien Covid-19 yang saat ini sudah mencatatkan nol kasus, Jumat (17/9). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Petugas medis RSU dr Loekmonohadi keluar dari ruang isolasi khusus untuk pasien Covid-19 yang saat ini sudah mencatatkan nol kasus, Jumat (17/9). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Setelah berjibaku menangani pasien Covid-19 dua tahun terakhir, RSUD dr Loekmonohadi Kudus untuk pertama kalinya mencatatkan nol pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit milik Pemkab Kudus itu.

Direktur RSUD dr Loekmonohadi dokter Abdul Azis Achyar mengaku bersyukur rumah sakit rujukan lini I penanganan Covid-19 mencatatkan nol pasien Covid-19. Meski nol pasien Covid-19, RSUD dr Loekmonohadi tetap menyiapkan satu ruangan untuk isolasi pasien Covid-19.

“Meskipun saat ini sudah nol kasus terkonfirmasi positif covid-19, RSUD dr Loekmonohadi Kudus masih menyediakan satu ruang isolasi dan satu ruang intensive care unit (ICU) untuk pasien covid-19,” katanya, Jumat (17/9).

Jumlah tempat tidur yang tersedia total sebanyak 32 tempat tidur. Azis menambahkan, ruang kohort di masing-masing bangsal itu disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya lagi pasien Covid-19 baru.

BACA JUGA : Pria Usia 82 Tahun Ikut Vaksinasi Covid-19, Tak Pilih-Pilih Jenis Vaksin. Kamu Kapan??

Azis menambahkan, sebelumnya RSUD dr Loekmonohadi juga menonaktifkan sejumlah ruang isolasi khusus. Ruangan itu kemudian dikembalikan fungsinya untuk rawat inap pasien umum.

“Untuk bangsal yang semula digunakan sebagai ruang isolasi yang sudah dinonaktifkan, saat ini sudah difungsikan kembali sebagai ruang perawatan pasien non Covid-19,” katanya.

Ia memastikan ruangan tersebut sudah aman dari virus Covid-19. Sebelum dialihfungsikan, kata Azis, pihak rumah sakit telah melakukan pembersihan dan sterilisasi sesuai dengan aturan pencegahan dan pengendalian infeksi.

Sebelum dinyatakan nol kasus, Aziz mengatakan ada satu pasien terkonfirmasi yang dirawat di ruang isolasi Dahlia 1. Pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh pada Rabu (15/9) sore. Dirinya pun berharap kondisi seperti ini bisa berlanjut.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi, Petugas Amankan Mobil Pengangkut Rokok Ilegal

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:15 WIB

Bupati Kudus Tegaskan Pelarangan Kafe Karaoke

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:09 WIB

PUPR Benahi Kerusakan Jalan Kudus-Jepara

Selasa, 19 Oktober 2021 | 05:55 WIB

KTNA Minta Alokasi Pupuk Bersubsidi Dikaji Ulang

Senin, 18 Oktober 2021 | 06:25 WIB
X