Lagi, Fosil Gading Gajah Purba Sepanjang 1,5 Meter Ditemukan di Situs Patiayam

- Jumat, 17 September 2021 | 07:30 WIB
Fosil temuan di Situs Patiayam, Kecamatan Jekulo, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Anton WH)
Fosil temuan di Situs Patiayam, Kecamatan Jekulo, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Anton WH)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com - Potongan fosil gading gajah purba (Stegodon Trigonochepalus) sepanjang 1,5 meter ditemukan di Situs Patiayam, baru-baru ini. Penemuan kali kedua setelah Januari 2021 juga ditemukan fosil gading gajah purba sepanjang  3 meter. Data yang dihimpun, penemuan lainnya berupa tulang kaki  banteng, kijang dan gajah purba.

Tim ahli dari Museum Ronggowarsito Semarang, saat ini meninjau ke Museum Purbakala Patiayam dan melihat temuan fosil gading gajah purba. Hasil peninjauan dan pendataan lapangan akan digunakan untuk kegiatan lebih lanjut. Sejumlah fosil di situs Patiayam

masih perlu identifikasi lebih mendalam, sebelum dilanjutkan proses rekonstruksi, serta pelestarian dan pemeliharaan (konservasi).

''Setiap ada temuan baru tim ahli dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran Sragen juga datang ke  Kudus, tapi karena masih situasi pandemi Covid-19 belum bisa turun ke lapangan," ujar Koordinator Museum Purbakala Patiayam, Djamin.

BACA JUGA : Menggali Gua Tersembunyi di Lereng Perbukitan Patiayam

Fosil gading Stegodon Trigonochepalus yang diperkirakan berusia antara 750 ribu sampai 1,5 juta tahun sebelum masehi masih disimpan di rumahnya.

Potongan gading itu ditemukan Paijan (55) warga Dukuh Karangsudo RT.02- RW. 04 Desa Terban Kecamatan Jekulo, 4 September 2021. Perkiraan, kalau fosil gading gajah purba ditemukan utuh panjangnya bisa mencapai 3 meter.

"Potongan gading lainnya kemungkinan terbawa erosi tanah," jelasnya.

Tahun 2019 terdapat 40 kali temuan fosil purba, dan 2020 terdapat sekitar 25 kali temuan. Fosil yang ditemukan selain gading gajah purba, yaitu potongan fragmen  (pecahan) gigi, tulang leher, tulang kaki dan rusuk binatang sejenis sapi dan kerbau purba. Fosil yang ada di antaranya ditemukan di  Desa Gondoharum Kecamat Jekulo Kudus.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi, Petugas Amankan Mobil Pengangkut Rokok Ilegal

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:15 WIB

Bupati Kudus Tegaskan Pelarangan Kafe Karaoke

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:09 WIB

PUPR Benahi Kerusakan Jalan Kudus-Jepara

Selasa, 19 Oktober 2021 | 05:55 WIB

KTNA Minta Alokasi Pupuk Bersubsidi Dikaji Ulang

Senin, 18 Oktober 2021 | 06:25 WIB
X