Wakil Rakyat Kecewa Tak Ada Alokasi BLT Dana Cukai untuk Buruh Rokok di Tengah Pandemi

- Rabu, 15 September 2021 | 18:02 WIB
Wakil Ketua DPRD Kudus Ilwani, Sulistyo Utomo, dan Tri Erna Sulistyowati berkunjung ke brak Djarum Bitingan Lama, Rabu (15/9). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Wakil Ketua DPRD Kudus Ilwani, Sulistyo Utomo, dan Tri Erna Sulistyowati berkunjung ke brak Djarum Bitingan Lama, Rabu (15/9). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Belum adanya realisasi bantuan langsung tunai (BLT) untuk buruh pabrik rokok disesalkan wakil rakyat. Padahal BLT untuk buruh rokok tersebut cukup berarti bagi para buruh di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Wakil Ketua DPRD Kudus Ilwani mengatakan, buruh pabrik rokok sudah selayaknya mendapat perhatian lebih karena secara tidak langsung menjadi penyumbang besarnya alokasi Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) yang diterima Kabupaten Kudus.

Wakil rakyat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, Kabupaten Kudus mendapatkan alokasi dana cukai cukup besar tahun ini mencapai Rp 155 miliar.

“Anggaran DBHCHt Kudus cukup besar. Harusnya sudah muncul (BLT) di angaran murni (APBD 2020), karena parah buruh rokok ini berjasa dalam DBHCHT Kudus yang besar ini. Mereka punya hak,” katanya.

Ilwani datang berkunjung ke brak Djarum bersama dua Wakil Ketua DPRD Kudus lainnya Sulistyo Utomo dan Tri Erna Sulistyowati.

“Jangan berbelit-belitlah. Harusnya bisa dianggarkan di anggaran APBD murni. Mengapa harus di perubahan. Kasihan ini buruh pabrik rokok. Wong itu hak mereka,” ujar Ilwani.

BACA JUGA : Dikawal Polisi, BLT DD di Pati Mulai Dicairkan

Hal senada diungkapkan Sulistyo Utomo. Wakil rakyat dari Partai Gerindra ini menyarankan agar pada APBD 2022 Pemkab Kudus mengalokasikan BLT untuk para buruh rokok.

“Mereka buruh rokok jelas turut terdampak Pandemi Covid-19. Penghasilannya menurun. Sehingga harusnya dibantu. Terlebih dari DBHCHT sudah ada alokasi sebesar itu,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi, Petugas Amankan Mobil Pengangkut Rokok Ilegal

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:15 WIB

Bupati Kudus Tegaskan Pelarangan Kafe Karaoke

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:09 WIB

PUPR Benahi Kerusakan Jalan Kudus-Jepara

Selasa, 19 Oktober 2021 | 05:55 WIB

KTNA Minta Alokasi Pupuk Bersubsidi Dikaji Ulang

Senin, 18 Oktober 2021 | 06:25 WIB
X