Koleksi Museum Kretek Bertambah, Keluarga Nitisemito Hibahkan 15 Koleksi Keluarga

- Senin, 13 September 2021 | 20:50 WIB
Paparan hasil kajian koleksi museum Kretek Kudus yang digelar Disbudpar Kudus, Senin (13/9). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Paparan hasil kajian koleksi museum Kretek Kudus yang digelar Disbudpar Kudus, Senin (13/9). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.comKoleksi Museum Kretek Kudus bertambah setelah keluarga raja kretak Kudus Nitisemito menyerahkan sebanyak 15 koleksi keluarga untuk disimpan di museum. Dua ahli Museum Jateng Ronggowarsito melakukan kajian arkeologi atas 15 koleksi tersebut.

Hasil kajian dua ahli itu dipaparkan pada seminar hasil kajian koleksi Museum Kretek yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus, Senin (13/9). Koleksi baru itu antara lain pena souvenir untuk tamu nitisemito, tempat rokok, cover tempat korek api dari kayu gantungan kunci, logo bal tiga, pin, surat-surat, amplop, fluwi, dan tiga foto.

Kasi Pelestarian Museum Jateng Laela Nurhayati yang melakaukan kajian arkeologi bersama ahli Museum Jateng lainnya Luky Yudhia Perwira mengatakan, kajian arkeologi industri atas koleksi tersebut dilakukan untuk memahami aktivitas industri di masa lampau melalui tinggalan materialnya.

Selain Laela, hadir sebagai pembicara dalam seminar itu Kabid Pembinaan Pendidikan Khusus Museum Jateng Ranggawarsita Djoko Nugroho Witjaksono dan cucu raja kretek Kudus Nitisemito Yudhi Ernawan.

BACA JUGA : Proyek Kota Pusaka Lasem Segera Dikerjakan, Bakal Menjadi Destinasi Wisata Unggulan Indonesia

Dalam paparannya Joko menekankan hal terpenting dari sebuah museum bukan koleksinya semata. Lebih dari itu, informasi yang tersimpan dalam sebuah koleksi bisa tersampaikan kepada masyarakat melalui media cetak atau elektronik serta memanfaatkan media sosial,

Museum Kretek Kudus melalui koleksi yang dimilikinya menyimpan sejarah kesuksesannya pengusaha rokok Nitisemito. “Setiap koleksinya jangan hanya dipajang, harus ada informasi yang jelas tentang koleksi yang tersedia agar bisa dinikmati publik,” katanya.

Agar museum dikenal luas, kata dia, harus dikenalkan arti fungsi dan manfaat museum melalui sosialisasi, pameran keliling, dan promosi di media sosial. Pengelola museum juga perlu memberikan pemahaman arti penting dan peranan museum bagi generasi muda serta mewujudkan adanya keakraban masyarakat dengan museum.

Ia juga berharap Museum Kretek Kudus yang didalamnya terdapat kisah kesuksesan Nitisemito di bidang rokok kretek juga bisa menjadi inspirasi generasi muda. Mereka juga bisa melihat bukti jiwa kepemimpinan dari sosok Nitisemito bisa bertahan di masa sulit kejayaan usahanya di Kota Kudus.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi, Petugas Amankan Mobil Pengangkut Rokok Ilegal

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:15 WIB

Bupati Kudus Tegaskan Pelarangan Kafe Karaoke

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:09 WIB

PUPR Benahi Kerusakan Jalan Kudus-Jepara

Selasa, 19 Oktober 2021 | 05:55 WIB

KTNA Minta Alokasi Pupuk Bersubsidi Dikaji Ulang

Senin, 18 Oktober 2021 | 06:25 WIB
X