Petani Minta Balai Besar Tuntaskan Normalisasi Saluran Irigasi

- Senin, 13 September 2021 | 06:50 WIB
Escavator PUPR mengeruk saluran JU 3.1 di perbatasan Desa Undaan Lor dan Desa Undaan Tengah, Kabupaten Kudus. (suaramerdeka.com/Anton WH)
Escavator PUPR mengeruk saluran JU 3.1 di perbatasan Desa Undaan Lor dan Desa Undaan Tengah, Kabupaten Kudus. (suaramerdeka.com/Anton WH)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com - Selain untuk kegiatan proyek publik di lingkungan PUPR, sejumlah peralatan yang dimiliki institusi tersebut ternyata sering diperbantukan untuk kegiatan untuk kepentingan masyarakat. Salah satunya, escavator yang digunakan untuk pengerukan sungai.

Kadinas PUPR Arief Budi Siswanto menyatakan pihaknya memang mempunyai unit pelaksana teknis sewa alat berat. Penyewaan disesuaikan dengan aturan pemerintah daerah.

''Tetapi terkadang, kami juga meminjamkan peralatan untuk kegiatan kemasyarakan,'' katanya, Minggu (12/9).

Selain mempertimbangkan untuk kepentingan umum, peminjaman dilakukan dalam kondisi darurat. Misalnya, pembersihan sampah di sungai saat musim penghujan mengantisipasi terjadinya banjir.

''Kami menindaklanjuti instruksi bupati dalam upaya mengantisipasi banjir,'' katanya.

BACA JUGA : Tiga Desa Urunan Keruk Saluran Irigasi, PUPR Pinjamkan Escavator

Salah satu yang sering dikeluhkan yakni potensi genangan pada sawah di Kecamatan Undaan. Seperti diketahui, Kecamatan Undaan merupakan salah satu lumbung padi di Kabupaten Kudus. Kendala yang dihadapi, ketika musim penghujan sejumlah sungai melimpas menggenangi sawah.

''Kami meminjamkan escavator untuk pengerukan saluran yang rawan limpas,'' tandasnya.

Terpisah, Ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) irigasi teknis Kedungombo wilayah Klambu Wilalung, Akrab, menyebut perbaikan dan normalisasi saluran JU 3.1 (Suara Merdeka 11/9) sebenarnya menjadi tanggung jawab Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana di Semarang. Pihaknya sudah mengusulkan normalisasi kepada institusi tersebut pada sejumlah kesempatan.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lagi, Petugas Amankan Mobil Pengangkut Rokok Ilegal

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:15 WIB

Bupati Kudus Tegaskan Pelarangan Kafe Karaoke

Selasa, 26 Oktober 2021 | 10:09 WIB

PUPR Benahi Kerusakan Jalan Kudus-Jepara

Selasa, 19 Oktober 2021 | 05:55 WIB

KTNA Minta Alokasi Pupuk Bersubsidi Dikaji Ulang

Senin, 18 Oktober 2021 | 06:25 WIB
X