Tiga Desa Urunan Keruk Saluran Irigasi, PUPR Pinjamkan Escavator

- Sabtu, 11 September 2021 | 06:25 WIB
Alat berat dioperasionalkan mengeruk saluran JU 3.1 di perbatasan Desa Undaan Lor dan Undaan Tengah, Kecamatan Undaan, Jumat (10/9) siang. (suaramerdeka.com/Anton WH)
Alat berat dioperasionalkan mengeruk saluran JU 3.1 di perbatasan Desa Undaan Lor dan Undaan Tengah, Kecamatan Undaan, Jumat (10/9) siang. (suaramerdeka.com/Anton WH)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Tiga desa di Kecamatan Undaan yakni Desa Larikrejo, Undaan Lor dan Undaan Kidul, sepakat urunan untuk mengeruk saluran irigasi yang dangkal

Ketiga desa itu sepakat patungan untuk menormalisasi saluran Juana 3.1 (Ju 3.1) sepanjang 1.500 meter secara mandiri. Langkah tersebut dilakukan untuk meminimalkan potensi banjir di ketiga desa saat musim penghujan.

Saat musim tanam lalu (MT 1 2021-red) sekitar 500 hektare lahan terendam banjir sehingga hasil panen berkurang dan bahkan ada yang gagal panen. Pengajuan normalisasi kepada pemerintah pusat melalui BBWS Pemali Juana belum ada tindak lanjutnya.

Pantauan Suara Merdeka, Jumat (10/9) siang sebuah alat berat dioperasikan di saluran tersebut. Tanggul kanan saluran JU 3.1 ditinggikan. Menurut rencana, tanggul kiri juga akan ditinggikan pada beberapa titik.

"Tiga desa berinisiatif membiayai normslisasi," kata Camat Undaan, Rifai Nawawi.

BACA JUGA : Caplok Saluran irigasi, Dewa Citra Keberatan Wacana Sewa

Masing-masing desa urun Rp 3,5 juta untuk pengoperasionalan alat berat. Alat berat milik Dinas PUPR Kabupaten Kudus yang dipinjamkan selama empat hari terhitung, Jumat (10/9).

Panjang saluran yang dikeruk diupayakan 1.500 meter dengan melihat kondisi lapangan. Tanggul kanan dan tanggul kiri ditinggikan sekitar satu meter, memanfaatkan tanah hasil pengerukan.

Sebenarnya, pemerintahan Desa Kaliyoso juga diajak bergabung. Hanya saja, masih akan dipantau dampak dari normalisasi.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB

KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB

Pecah! Warga Tumpah Ruah Saksikan Kudus Fashion Art

Sabtu, 24 September 2022 | 07:03 WIB
X