Pantau Politik Uang Pilkades, Kejaksaan Siapkan Satgas Khusus

- Sabtu, 4 September 2021 | 06:30 WIB
Kajari Ardian berbincang santai dengan awak media seputar program Kejaksaan Kudus, Kamis (2/9) malam. (suaramerdeka.com/Anton WH)
Kajari Ardian berbincang santai dengan awak media seputar program Kejaksaan Kudus, Kamis (2/9) malam. (suaramerdeka.com/Anton WH)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com - Kejaksaan negeri Kudus mempersiapkan satuan tugas (Satgas) khusus untuk memantau pelaksanaan Pilkades. Satgas mengantisipasi politik uang dalam pesta demokrasi tersebut.

Kajari, Ardian, kepada Suara Merdeka menyebut pemilihan kepala desa merupakan pendidikan politik dan hukum yang paling bersentuhan langsung dengan masyarakat. Jadi, segala sesuatunya harus mempedomani aturan yang berlaku karena akan disaksikan publik secara langsung.

"Pilkades yang baik akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas, " ujarnya.

Menurutnya, kepala desa yang dipilih tanpa politik uang, cenderung akan menjalankan roda pemerintahan secara baik. Paling tidak, dia akan berpikir ulang melakukan kegiatan di luar ketentuan.

Langkah kongkrit yang dilakukan dimulai dengan sosialisasi di lokasi yang akan menggelar kegiatan tersebut.

BACA JUGA : Tahun Depan, 7 Desa di Kudus Gelar Pilkades Serentak di Tengah Pandemi

Selanjutnya, terhadap semua calon yang sudah mendaftar akan dikumpulkan dan diberi pencerahan mengenai penindakan politik uang. Bila terbukti melakukan, mereka harus siap berhadapan dengan hukum.

"Harus ada terapi kejut agar mereka mematuhinya," ujarnya.

Pengawasan sejak awal diperlukan agar aturan hukum dijankan. Selain Pilkades, pihaknya mengantisipasi potensi pelanggaran dana desa.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gentamas, Kreasikan Batik dari Cerita Rakyat Kudus

Senin, 26 September 2022 | 06:18 WIB

KIHT Kudus Bakal Tambah Tiga Gedung

Senin, 26 September 2022 | 06:04 WIB

Pecah! Warga Tumpah Ruah Saksikan Kudus Fashion Art

Sabtu, 24 September 2022 | 07:03 WIB
X