Tahun Depan, 7 Desa di Kudus Gelar Pilkades Serentak di Tengah Pandemi

- Jumat, 3 September 2021 | 17:49 WIB
Kepala Dinas Pemberdyaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus Adi Sadhono. (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Kepala Dinas Pemberdyaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus Adi Sadhono. (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Sebanyak tujuh desa di Kabupaten Kudus dijadwalkan menggelar Pilkades serentak di tengah pandemi Covid-19. Pilkades serentak sebanyak tujuh desa itu akan digelar tahun depan.

Kepala Dinas Pemberdyaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus Adi Sadhono mengatakan, tujuh desa yang akan menggelar Pilkades serentak, yakni Desa Hadiwarno, Mejobo, Kaliputu, Loram Kulon, Ternadi, Langgar Dalem, dan Undaan Lor.

“Sebelum Pilkades serentak tahun depan, tahun ini ada PAW (pemilihan kepala desa antar waktu – Red) yakni di Desa Kauman, Jekulo, Jati Kulon, dan Cendono. Pemilihan itu rencananya akan dilaksanakan Oktober mendatang,” kata Adi, Jumat (3/9).

Adi menambahkan, persiapan Pilkades sudah dimulai. Pihaknya masih menghitung kebutuhan anggarannya. Pasalnya di tengah pandemi Covid-19 saat ini, anggaran daerah banyak tersita untuk penanganan Covid-19.

BACA JUGA : Kejaksaan Proses Tiga Kasus Dana Desa di Kudus

Pada pelaksanaan Pilkades serentak, Pemkab Kudus mengucurkan bantuan keuangan kepada desa yang menggelar Pilkades. Pada Pilkades serentak sebelumnya, bantuan keuangan dihitung berdasarkan jumlah hak pilih di masing-masing desa.

“Pilkades serentak sebelumnya bantuan keuangan dihitung sebesar Rp 20 ribu dikalikan jumlah pemilih di masing-masing desa. Selain bantuan keuangan ini, desa biasanya mengalokasikan anaggaran pada APBDes,” ujarnya.

Untuk Pilkades serentak 2022, Adi belum berani memastikan jumlah bantuan keuangan yang diberikan. Pasalnya besaran bankeu disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah tahun depan. “Harapannya jika pun turun di kisaran Rp 15 ribu dikalikan jumlah pemilih di setiap desa,” katanya.

Pemdes kini tengah menyusun aturan pelaksanaannya dan mengusulkan penyelenggaraannya kepada Bupati Kudus. Ketika sudah mendapat persetujuan pelaksanaanya bisa dilaksanakan sesuai jadwal

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

46 Desa di Kudus Miliki Satgas Adat, Ini Tugasnya

Rabu, 23 November 2022 | 22:15 WIB

Ratusan Buruh Rokok asal Jepara Dapat BLT DBHCT

Kamis, 17 November 2022 | 19:09 WIB

Kirab Kebangsaan Ramaikan Maulid dan Haul Mbah Datuk

Minggu, 13 November 2022 | 20:19 WIB

Momen Hari Pahlawan, Bupati Hartopo Ingatkan Persatuan

Sabtu, 12 November 2022 | 06:39 WIB

Di Kudus, 391 Orang Telah Daftar Seleksi PPPK Guru

Sabtu, 12 November 2022 | 06:33 WIB
X