Evaluasi Kinerja, Bupati Kantongi Nama Kepala Dinas yang Bakal Diganti

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 18:24 WIB
Bupati Kudus Hartopo memberikan keterangan kepada wartawan, Selasa (31/8). (suaramerdeka.com/Anton WH)
Bupati Kudus Hartopo memberikan keterangan kepada wartawan, Selasa (31/8). (suaramerdeka.com/Anton WH)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemkab Kudus bakal diganti menyusul hasil evaluasi kinerja di masing-masing OPD dalam setahun terakhir. Bupati Kudus Hartopo mengatakan, evaluasi dilakukan meliputi kejujuran, kedisiplinan, kinerja dan loyalitas.

Hartopo mengatakan, sesuai surat edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (PANRB) disebutkan, dalam kondisi kedaruratan evaluasi terhadap pejabat di masing-masing OPD bisa dilakukan dalam waktu satu tahun.

“Sesuai surat edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam kondisi kedaruratan, evaluasi terhadap pejabat di masing-masing OPD yang sebelumnya menunggu dua tahun, kini bisa dievaluasi dalam waktu satu tahun setelah menjabat," kata Hartopo, Selasa (31/8).

Jika penilaian tersebut tidak terpenuhi, maka kinerja pejabat terkait dianggap tidak memenuhi persyaratan yang diharapkan. “Pejabat di OPD yang tidak berkinerja dengan baik perlu dievaluasi, sehingga dalam waktu dekat akan ada mutasi pimpinan OPD di Kabupaten Kudus,” katanya.

BACA JUGA : Sttt...Tak Lama Lagi Gerbong Mutasi Pejabat di Pemkab Blora Berjalan, Siapa Saja yang Akan Diganti?

Hanya saja, Hartopo enggan merinci pejabat mana saja yang akan dievaluasi. “Nanti tahu sendiri,” katanya. 

Terkait informasi adanya pemanggilan pimpinan OPD oleh KASN, Hartopo menegaskan belum ada. Namun sebelumnya memang ada klarifikasi terkait ketertiban administrasi dalam pelantikan pejabat pada 1 Juli 2021.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus Catur Widiyatno mengakui tidak mengetahui soal adanya penilaian kinerja.

Terpisah, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kudus Achmad Yusuf Roni mewanti-wanti kepala daerah untuk berhati-hati dalam melakukan penggantian pejabat. Ia melihat sebelumnya ada penempatan pejabat yang kurang pas.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Proses PAW Lanjut, Nurhudi Gugat DPRD dan KPU ke PTUN

Selasa, 9 Agustus 2022 | 05:43 WIB
X