Kepala Dinas Bisa Diusulkan Jadi Penjabat Bupati Jepara

- Kamis, 30 Maret 2023 | 05:13 WIB
Ketua DPRD Jepara Haizul Maarif usai rapat Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2022 di Gedung DPRD, Rabu (29/3/2023). (muria.suaramerdeka.com/Septina Nafiyanti)
Ketua DPRD Jepara Haizul Maarif usai rapat Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2022 di Gedung DPRD, Rabu (29/3/2023). (muria.suaramerdeka.com/Septina Nafiyanti)

JEPARA, muria.suaramerdeka.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara Haizul Maarif menyampaikan jika DPRD telah memulai langkah-langkah untuk menentukan nama-nama calon penjabat bupati Jepara yang akan diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

''Kami sudah melakukan rapat pimpinan (rapim) dan sudah ada keputusan tentang langkah-langkah selanjutnya,'' ungkap Haizul Maarif usai rapat Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2022 di Gedung DPRD, Rabu (29/3/2023).

Dalam kesempatan itu, Haizul Maarif juga membeberkan kriteria calon penjabat bupati yang bisa diusulkan. 

 

Baca Juga: Keputusan FIFA : Piala Dunia U20 Batal Digelar di Indonesia

 

Di antaranya, minimal eselon II atau setingkat kepala dinas, sekda, atau penjabat bupati saat ini.

Kriteria ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua AtaƟ Undang-Undang Nomor I Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor I tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Ketua DPRD menambahkan, setelah rapim, langkah selanjutnya adalah menggelar rapat fraksi.

Ia memastikan akan melibatkan seluruh anggota DPRD sebagai perwakilan masyarakat. Tiga nama nantinya akan dipilih dari usulan para anggota dewan.

 

Baca Juga: Sindir Kerusakan, Warga Desa Puncel Sapu Jalan Pati–Jepara

Nama-nama ini rencananya akan diserahkan ke Kemendagri Rabu (5/4/2023) mendatang.

Sebelumnya, anggota DPRD Jepara mengikuti Rapat Paripurna LKPJ tahun 2022.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Salurkan 1.317 Ton Bantuan Pangan Beras

Sabtu, 20 Mei 2023 | 11:47 WIB
X