Peringatan Dinas ESDM : Awas Ada Potensi Longsor, Banjir dan Petir di Area Tambang Kendeng Selatan

- Selasa, 25 Oktober 2022 | 13:17 WIB
Dinas ESDM Jateng WIlayah Kendeng Selatan secara berkala melakukan pengawasan praktik tambang di Rembang, Blora dan Grobogan. (suaramerdeka-muria.com/Ilyas al-Musthofa)
Dinas ESDM Jateng WIlayah Kendeng Selatan secara berkala melakukan pengawasan praktik tambang di Rembang, Blora dan Grobogan. (suaramerdeka-muria.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com – Seluruh penambang di Kawasan Pegunungan Kendeng Selatan Jateng diingatkan potensi terjadinya longsor, banjir dan petir.

Hal itu seiring dengan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berkaitan cuaca ekstrim yang berpotensi akan melanda Jateng dan sekitarnya dalam beberapa hari ini.

BMKG memprediksi curah hujan sedang hingga tinggi akan terjadi di wilayah Jateng dan sekitarnya berkisar 151-400 mm.

Wilayah terdampak antara lain adalah Kabupaten Rembang, Blora dan Grobogan.

Atas situasi tersebut, Dinas ESDM Wilayah Kendeng Selatan memberikan surat peringatan potensi bahaya tersebut kepada seluruh pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Kepala Teknik Tambang (KTT) di Rembang, Blora dan Grobogan.

Untuk menghindari potensi kecelakaan tambang akibat longsor, banjir dan petir para pelaku tambang di Kendeng Selatan diminta waspada dan melakukan beberapa langklah antisipasi.

Pertama, pelaku tambang diminta melakukan identifikasi area berbahaya di Kawasan tambangnya yang dikelolanya.

Kedua, harus ada pemantauan menejemen lalu-lintas tambang serta memastikan pompa ari dan drainase bekerja secara maksimal.

Baca Juga: Empat Warga di Pati Jadi Korban Investasi Kapal, Kerugian Capai Rp 7,2 Miliar

Baca Juga: Sekolah di Rembang Ini Keren, Sukses Ubah Biji Ketapang Jadi Rempeyek Unik

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X