Terungkap, Alasan Ganjar Pranowo Tunjuk Pegawai Pemprov Jateng Jadi Pj Bupati Pati

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 22:11 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melantik Henggar Budi Anggoro sebagai penjabat (Pj) Bupati Pati. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melantik Henggar Budi Anggoro sebagai penjabat (Pj) Bupati Pati. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)

PATI, suaramerdeka.muria.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengambil sumpah dan melantik Henggar Budi Anggoro sebagai Penjabat (Pj) Bupati Pati, Senin (22/8) malam.

Dalam pelantikan yang berlangsung di Gedung Gradhika Bakti Praja Provinsi Jawa Tengah, Ganjar mengungkapkan alasan penunjukan pegawai Pemprov Jateng sebagai Pj Bupati Pati.

Sebelumnya, muncul sejumlah nama dari Pati yang diusulkan menjadi Pj Bupati Pati. Mereka yakni Sekda Pati Jumani dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pati Tri Haryama.

Jumani diusulkan Bupati Pati Haryanto dan Tri Haryama diusulkan Ketua DPRD Pati Ali Badrudin.

Namun, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) lebih memilih pegawai dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng.

Kepala Dinas Perhubungan Jateng Henggar Budi Anggoro terpilih sebagai Pj Bupati Pati melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.33-5117 tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat (Pj) Bupati Pati Provinsi Jawa Tengah.

"Ada positifnya (Pj bupati) pegawai provinsi. Saya dan wagub lebih gampang, kalau ada apa-apa tak jewer, atau ini mesti diselesaikan tolong dikebut. Ada yang tidak baik segera diperbaiki. Itu biasanya sangat efisien. Beberapa yang kita tugaskan begini, biasanya langsung jalan, cepat mereka jalan, jadi ada positifnya," ujar Ganjar.

Gubernur menekankan kapada Henggar untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di Pati, termasuk DPRD.

Itu agar roda pemerintahan dapat berjalan secara harmonis.

"Menjelang 2024, di Pati akan ada Pilkada, semua sudah pasang kuda-kuda. Maka tugasnya pastikan netral, pastikan harmoni terjadi," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X