Uniknya BERKA, Busana Karya Naila Sofwatin Terinspirasi Tradisi Buka Luwur Makam Sunan Kudus

- Senin, 27 Juni 2022 | 19:06 WIB
BERKA, busana karya Naila Sofwatin lolos 18 besar lomba Rancangan Busana Kabupaten dan Kota se-Jawa Tengah yang dipamerkan di TMII.  (suaramerdeka-muria.com/dok)
BERKA, busana karya Naila Sofwatin lolos 18 besar lomba Rancangan Busana Kabupaten dan Kota se-Jawa Tengah yang dipamerkan di TMII. (suaramerdeka-muria.com/dok)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Busana karya desainer Kudus Naila Sofwatin lolos 18 besar lomba Rancangan Busana Kabupaten dan Kota se-Jawa Tengah. Karya Naila yang berjudul BERKA itu kini dipamerkan di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Alumnus jurusan Tata Busana SMK NU Banat Kudus itu membuat BERKA setelah terinspirasi dari tradisi buka luwur Kanjeng Sunan Kudus.

Tradisi itu ia terjemahkan secara detail dan apik ke dalam desain busana berjudul BERKA.

Baca Juga: Rembang Fashion 2021, Batik Tulis Lasem Diangkat ke Level Ready to Wear

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus  Mutrikah mengatakan, desain karya Naila ini tak semata busana kreatif semata.

Lebih dari itu, Naila mampu mengangkat potensi pariwisata daerah ke dalam karya desain busana BERKA tersebut.

Keunikan desain yang diangkat dari nilai-nilai kearifan lokal ini lah yang membuat desain karya Naila mampu menembus 18 besar lomba rancangan busana tersebut.

“Perkembangan ekonomi krearif sub sektor fashion di Kudus, memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Apalagi jika mampu memadu padankan dengan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Kabupaten Kudus,” katanya melalui Sub Koordinator Promosi Wisata Disbudpar Kudus Esti Aristiana Sukmawati, Senin (27/6).

Ditunjang dengan keberadaan beberapa SMK yang memiliki Jurusan Tata Busana yang melahirkan talenta-talenta muda, kata dia, menambah kegairahan dunia rancang busana di Kudus.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X