Disiapkan, Asrama Haji Baru di Sayung Demak

- Senin, 28 Februari 2022 | 07:46 WIB
Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid (kiri) berdialog dengan Kepala Kanwil Kemenag Jateng Musta’in Ahmad saat meninjau calon lokasi Asrama Haji di Kecamatan Sayung, Demak, pekan lalu.(suaramerdeka-muria.com /Sukardi)
Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid (kiri) berdialog dengan Kepala Kanwil Kemenag Jateng Musta’in Ahmad saat meninjau calon lokasi Asrama Haji di Kecamatan Sayung, Demak, pekan lalu.(suaramerdeka-muria.com /Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com – Kementerian Agama RI sedang mempersiapkan Asrama Haji baru di Jawa Tengah. Asrama haji lama di Donohudan Boyolali, kondisinya sudah kurang representatif. ‘’Saya sudah keliling sejumlah provinsi di Indonesia untuk melihat kondisi asrama hajinya. Banyak yang memiliki lebih dari satu asrama haji dan kondisinya bagus,’’ ujar Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid, kepada Suara Merdeka, di Jepara, Minggu(27/2).

Legistator dari Daerah Pemilihan Jateng 2 (Demak,Kudus,Jepara) itu menuturkan, kondisi bangunan Asrama Haji Donohudan sekarang ini, sudah tidak layak.

‘’Kami sudah menyampaikan usulan Kemenag, agar Asrama Haji Donohudan untuk segera direnovasi total, namun tidak bisa karena masih menjadi milik Pemerintah Provinsi Jateng,’’ ungkapnya.

BACA JUGA : Abdul Wachid, Jateng Harus Segera Punya Asrama Haji Baru

Agar depat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada jamaah haji, Kemenag RI sudah ada rencana membangun Asrama Haji baru. Dan sudah ada calon lokasi, di wilayah Kecamatan Sayung Demak.

Lahan hibah luasnya 11 hektare. Pekan lalu, Abdul Wachid menemui Kakanwil Kemenag Jateng Musta’in Ahmad di kantornya membicarakan kelanjutan rencana pembangunan asharam haji. Mereka bersama, sejumlah staf pun meninjau calon lokasi.

‘’Idealnya, dan memang sudah mendesak, di Jateng ada dua Asrama Haji di selatan dan utara. Antrian calon haji di Jateng mencapai 1 juta orang,  harus diantisipasi jika nanti ada penambahan kuota dari Pemerintah Arab Saudi,’’ ujarnya.

Kepala Kanwil Kemenag Jateng menjelaskan, calon Asrama Haji Jateng di Kecamatan Sayung, Demak, di lahan yang akan dihibahkan 11 hektare. Lokasinya di sebelah utara Jalan Raya Semarang-Kudus, masuk wilayah Kecamatan Sayung, Demak.

Jarak dari tepi lahan sebelah selatan denngan jalan raya 20 m. Batas selan, jalan Raya Semarang-Kudus, sebelah timur dan barat permukiman penduduk, sebelah utara rawa rawa.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X