Kuis Kemplu, Kuis Lucu Hanya Ada Saat Hajatan di Kudus, Ini Asal Mulanya

- Jumat, 22 Juli 2022 | 09:38 WIB
Khaeron warga Desa Ngembarejo memandu jalannya kuis kemplu pada hajatan warga, ,Kamis (21/7) malam. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Khaeron warga Desa Ngembarejo memandu jalannya kuis kemplu pada hajatan warga, ,Kamis (21/7) malam. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Warga Kabupaten Kudus, khususnya di Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae punya tradisi permainan unik saat hajatan. Kuis kemplu namanya. Biasa dimainkan pada malam hari di rumah warga yang punya hajatan pernikahan atau khitanan.

Tak disangka meski digelar full guyonan, kuis Kemplu bermula dari niat mulia penggagasnya.

Rombongan Kuis Kemplu asal Desa Ngembalrejo ini ditanggap di pernikahan H Muhtamat dan Hj Sukaeni di RT 4 RW 3 Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Kamis (21/7) malam.

Baca Juga: Warga Bisa Nikmati Pertunjukan Musik Gratis di Pantai Kartini Jepara Setiap Malam Minggu

Cara permainan Kuis Kemplu ini adalah, seorang pembawa acara tampil memandu jalannya kuis. Ia melempar pertanyaan, peserta yang menjawab.

Khaeron (52), warga RT 7 RW 4 Dukuh Kauman, Desa Ngembalrejo didapauk menjadi pembaca acara kuis kemplu pada hajatan itu.

Namanya saja kuis kemplu, jangan harap jawaban yang lempeng-lempeng saja bakal mendapat nilai. Meski sebenarnya juga betul jawaban itu.

Kuis kemplu ini melibatkan seluruh tamu undangan sebagai peserta. Mereka diminta membentuk kelompok dengan nama kelompok terunik yang bisa mereka buat. “Terserah dikasih nama kelompok apa saja,” kata Khaeron kepada apara tamu undangan.

Setelah memberikan contoh pertanyaan dan jawabaannya, permainan pun dimulai. “Pertanyaan pertama, kenapa orang azan selalu menutup satu telinganya? Silakan jawab di kertas yang sudah dibagikan ke masing-masing kelompok,” katanya.

Setelah waktu habis, Khaeron pun membacakan jawaban masing-masing kelompok.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X