Pamotan Siap Kembangkan Lima Destinasi Wisata, Mulai Susur 'Green Canyon' hingga Menara Kostin Belanda

- Selasa, 27 September 2022 | 12:12 WIB
Susur sungai dengan perahu karet menjadi destinasi wisata baru di komplek wisata Kincir Sutera Desa Pamotan. (suaramerdeka-muria.com/Pemdes Pamotan)
Susur sungai dengan perahu karet menjadi destinasi wisata baru di komplek wisata Kincir Sutera Desa Pamotan. (suaramerdeka-muria.com/Pemdes Pamotan)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Pamotan mulai tahun ini melakukan gerakan besar-besaran untuk menjadi salah satu desa wisata tersohor di Kabupaten Rembang.

Mereka tengah menyiapkan lima lokasi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata berbasis kearifan lokal unggulan.

Pengembangan destinasi wisata tersebut sebagai tindak lanjut setelah mendapatkan penetapan sebagai desa wisata dari Pemkab Rembang.

Lima destinasi wisata yang disiapkan tersebut adalah Kincir Angin Sutera, Sendang Sumber Mudal, menara kostin, Kampung Ngasinan serta Candi Sambikalung.

Lima lokasi tersebut saat ini sudah masuk pemetaaan pengembangan oleh Pemdes Pamotan.

Kades Pamotan, Ahmad Masykur Rukhani mengungkapkan, dalam pengembangan desitnasi wisata pihaknya menggandeng BUMDes sebagai ujung tombak.

Bangunan menara kostin di Dukuh Tajen Pamotan yang merupakan bekas pabrik semen era Belanda. (suaramerdeka-muria.com/Pemdes Pamotan)
Operasional pengembangan wisata tersebut dilakukan oleh BUMDes.

Ia menjelaskan, dari lima destinasi wisata yang dikembangkan Pemdes Pamotan itu, sementara ini baru Kincir Angin Sutera yang sudah berjalan.

Kincir Angin Sutera adalah wisata berbasis wahana air dengan perpaduan alam dan fauna.

Di sana ada taman kelinci, meskipun beberapa di antaranya mati diserang anjing liar.

Baca Juga: Sebulan Usai Ungkap Kasus Penimbunan Solar Ilegal Rembang, Benarkan Tidak Ada Lagi Praktik ‘Ngangsu’ di SPBU?

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X