Tingkatkan Spirit Menulis, Mahasiswa STAI Al Anwar Ngaji Literasi dengan Kyai Aguk Irawan di Yogyakarta

- Jumat, 8 Juli 2022 | 17:07 WIB
Ngaji literasi mahasiswa STAI Al Anwar di Yogyakarta. (suaramerdeka-muria.com/STAI Al Anwar)
Ngaji literasi mahasiswa STAI Al Anwar di Yogyakarta. (suaramerdeka-muria.com/STAI Al Anwar)

Suaramerdeka-muria.com - Mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi, KIP, dan Dindikpora Rembang STAI Al Anwar Sarang mengadakan program study visit dan ngaji literasi dengan tema “Membudayakan Literasi Sebagai Wahana Berkreasi” di pondok pesantren kreatif Baitul Kilmah, Bantul, Yogyakarta.

Ngaji literasi digelar selama tiga hari, mulai tanggal 2 sampai dengan 4 Juli 2022 lalu.

Acara ini dihadiri sekitar 56 mahasiswa penerima beasiswa, 7 dosen, dan 6 santri pondok Baitul Kilmah serta Kyai Aguk Irawan selaku penulis novel yang berjudul “Haji Backpacker”.

Kyai Aguk Irawan juga merupakan pimpinan pondok pesantren kreatif Baitul Kilmah.

“Program ini kami adakan untuk meningkatkan spirit literasi mahasiswa, dengan mendapatkan pelatihan dan praktek secara langsung dari ahlinya dalam bidang literasi. Bukan hanya teori dan praktek saja yang didapat mahasiswa, tapi juga pengalaman dan sisi pedih yang menjadi motivasi penulis dalam menulis karyanya,” ujar Dio, Ketua Panpel Program Study Visit dan Ngaji Literasi.

Baca Juga: HUT Perpustakaan Ben Pinter, ‘Nanggap’ Turnamen Tenis Meja

Ia menyebut program ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan prestasi mahasiswa dalam literasi.

Selain itu, juga untuk mencontoh spirit Kiyai Aguk Irawan dan santri-santrinya dalam membuahkan karya tulis.

“Kami selaku penerima beasiswa di STAI Al Anwar, berkeinginan untuk mengembangkan bakat dan prestasi. Nah, untuk tahap awal pengembangan prestasi bagi mahasiswa penerima beasiswa itu kami pilih dalam bidang literasi, karena memang penting dan sebagai kemampuan utama yang dimiliki mahasiswa mulai dari tugas mingguan maupun skripsi diakhir perkuliahan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, progam Ngaji Literasi ini meliputi pembelajaran terjemah kitab berbahasa Arab disertai praktek langsung dengan santri Pondok Baitul Kilmah.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X