Mahasiswa PBSI Panggungkan Novel “Cantik itu Luka”

- Selasa, 5 Juli 2022 | 06:34 WIB
Mahasiswa PBSI UMK saat memanggungkan adaptasi novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan dengan begitu menarik Sabtu (2/7) malam. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Mahasiswa PBSI UMK saat memanggungkan adaptasi novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan dengan begitu menarik Sabtu (2/7) malam. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

KUDUS, suaramerdeka-muria.com – Novel “Cantik itu Luka” karya Eka Kurniawan rupanya menarik perhatian para mahasiswa prodi Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muria Kudus (UMK).

Lewat ketertarikan itu, mereka pun terinspirasi untuk mementaskannya dalam panggung teater.

Pertunjukan itu digelar di Gedung Auditorium UMK dalam rangka menuntaskan tugas mata kuliah pertunjukan seni sekaligus memeriahkan Dies Natalis UMK ke-42.

Pentas ini juga tergabung dalam rangkaian acara parade pentas teater PBSI UMK angkatan 2020.

Sutradara Naskah Cantik itu Luka, Jessy Segitiga mengungkapkan novel tersebut sengaja dipilih karena belum ada yang mengalihmediakan sebagai naskah teater atau film.

Selain itu, Koordinator Kampung Budaya Piji Wetan itu juga ingin mendekatkan mahasiswa PBSI dengan karya sastra yang satu rumpun dengan program studinya.

“Kami hanya ingin mendekatkan mahasiswa pada teks-teks sastra, karena mereka masih awam dalam dunia teater. Saya kira ini adalah hal yang mendasar,” ujarnya.

Baca Juga: Profil MA Ihyaul Ulum Pati : Borong Ratusan Medali Level Nasional, Siswanya Langganan Masuk PTN

Dia juga mengatakan jika ada tantangan tersendiri saat mengangkat novel Cantik itu Luka utnuk menjadi naskah teater.

Hal itu yang membuatnya untuk mengambil bagian awal novel serta memadukannya dengan kreasi baru yang telah disesuaikan dengan konteks masa kini.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X