NFT Butuh Inovasi, Pengembang Blockhain Asli Indonesia Siapkan Gebrakan

- Sabtu, 4 Juni 2022 | 16:41 WIB
Platform NFT metaverse dengan teknologi blockchain karya anak bangsa segera ciptakan gebrakan baru untuk bersaing di kancah global. (suaramerdeka-muria.com/istimewa)
Platform NFT metaverse dengan teknologi blockchain karya anak bangsa segera ciptakan gebrakan baru untuk bersaing di kancah global. (suaramerdeka-muria.com/istimewa)

Suaramerdeka-muria.com - Keberadaan Non Fungible Token atau NFT dengan beragam bentuknya berupa gambar visual, teks, suara, maupun karakter animasi dalam game metaverse, kini menjadi salah satu jenis aset crypto yang sangat berharga.

Dengan memiliki NFT, seseorang akan mempunyai identitas dan diakui keberadaannya dalam suatu komunitas, dengan menjadi holder koleksi tertentu.

Namun jika melihat utilitasnya, perkembangan NFT yang merupakan produk dari teknologi blockchain saat ini masih pada tahap sangat awal.

Baca Juga: Record Store Day, Upaya Pecinta Rilisan Fisik Kembali Menyemarakkan Kaset

Beragam fungsinya masih mungkin dieksplorasi agar semakin bermanfaat dalam memecahkan berbagai persoalan dunia nyata.

Menciptakan inovasi teknologi NFT menjadi salah satu fokus riset utama dari Salmonation bersama partnernya Naeswari Team.

Public blockchain layer 1 sebagai produk utama developer asal Indonesia tersebut kini telah mendukung penciptaan NFT di atas jaringannya, yaitu SRC-720 dan SRC-721.

CEO Salmonation, Salmon menjelaskan, NFT memiliki kode unik atau hash untuk menandakan keunikannya sehingga menjadikan tiap token berbeda dari yang lain dan mustahil dipalsukan.

Baca Juga: Maling Jebol Atap SD di Sarang Rembang, Sikat Laptop, Proyektor hingga Kamera

Karakteristik itu menjadikan NFT sebagai solusi otentikasi identitas, kunci akses untuk transaksi, deposit box dan hal-hal yang berkaitan dengan sandi keamanan.

Ia meyakini, fokus riset timnya pada NFT dengan melihat teknologi tersebut masih akan terus dapat diperluas fungsi dan skalabilitasnya.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X